Desa Pagar Jati Kikim Timur Jadi yang Pertama, Ikut Lomba Desa Sejak 2014

Desa Pagar Jati Kikim Timur Jadi yang Pertama, Ikut Lomba Desa Sejak 2014

Foto bersama dalam kegiatan Lomba Desa di Desa Pagar Jati Kecamatan Kikim Selatan.--

KIKIM SELATAN, LAHATPOS.CO - Desa Pagar Jati Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat menjadi yang pertama kali ikut dalam lomba desa sejak 2014 silam.

Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lahat, Darul Effendi SE MSi mengemukakan, lomba desa ini tentunya yang lebih ditonjolkan potensi yang dimiliki desa.


TP PKKK Kecamatan dan Desa Pagar Jati.--

"Sehingga hal tersebut menjadi nilai plus, ketika tim evaluasi dan penilaian pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah desa, berkunjung dan melihat dari dekat," sebutnya, Kamis 4 Mei 2023.

Dirinya menambahkan, disamping indikator kinerja yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 81/2015, terdiri dari kesehatan, pendidikan, lembaga pendidikan, partisipasi masyarakat dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Ini Identitas Korban Kecelakaan Avanza Tertabrak Kereta Api Malam ini

“Item-item inilah yang menjadi dasar penilaian bagi tim, sehingga apakah para kader bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan," terang Darul Effendi.

Darul Effendi mengemukakan, lomba desa sejauh ini sudah berlangsung tiga hari, sebelumnya dilaksanakan di Tanjung Tebat, Gumay Ulu, Mulak Ulu dan Kota Agung.

"Hari ini, untuk kawasan Kecamatan Pseksu dan Kikim Selatan, semoga peserta dapat memperlihatkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM)," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pagar Jati Asdi  menyebutkan, untuk potensi di desanya sebenarnya belum ada, tetapi mayoritas petani mulai dari persawahan, berternak maupun berkebun.

BACA JUGA:Ini Keterangan Saksi Mata Terkait Avanza Tertabrak Kereta Api Malam ini di Perlintasan Sukaratu Lahat

"Beberapa minggu lewat, kejar target sehingga kepada tim penilai dapat objektif memberikan nilai, sehingga bisa menjadi juara pertama lomba desa tingkat kabupaten," tandasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: