Kades Maspura Atasi Kesulitan Air dengan Sumur Bor dan Bak Penampungan, tapi...

Kades Maspura Atasi Kesulitan Air dengan Sumur Bor dan Bak Penampungan, tapi...

Pembuatan sumur bor di Desa Maspura--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Pemerintah Desa Maspura Kecamatan Kikim Tengah Kabupaten LAHAT, programkan pembuatan Sumur Bor dan Bak penampungan air bersih menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023.

Kini fasilitas air bersih itu secara fisik sudah selesai dan siap difungsikan. Meski demikian masih terkendala dalam penyaluran air ke rumah-rumah warga karena anggaran pengadaan pipa belum tersedia. 

Fasilitas air bersih di Desa Maspura merupakan salah satu hal yang paling urgen. Kondisinya cukup jauh dari sumber air bersih seperti desa lain pada umumnya. 

Karena situasi itulah Kepala Desa Maspura Filimon memprioritaskan pembuatan sumur bor. Melalui bak penampungan dengan ketinggian tertentu, air yang dihasilkan sumur bor itu dialirkan ke masyarakat yang berada di desa.

"Saya membuat sumur bor untuk masyarakat Desa Maspura agar masyarakat tidak kesulitan air bersih," ujar Kades Maspura, Senin 10 April 2023.

Menurut Filimon, semula pihaknya hendak memanfaatkan mata air dari Sungai Lingsing. Namun karena dianggap kurang bersih maka lebih dipilih alternatif sumur bor. 

Dikatakan Filimon  belum sepenuhnya dari jumlah kepala keluarga yang ada dapat menikmati air bersih itu. Oleh karena keterbatasan pipa. Ia pun berharap agar dana desa segera dapat direalisasikan. 

Selain itu, karena keterbatasan anggaran DD, Kades pun berharap ada uluran tangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat untuk support pengadaan pipa tersebut. 

"Di Desa Maspura ini terdapat 135 kepala keluarga dan penyaluran air bersih ini belum sepenuhnya sampai ke rumah masyarakat karena kurang pipa. Semoga ada batuan sehingga air bersih bisa dirasakan oleh semua masyarakat di desa ini," ujar Kades. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: