Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel ke Muara Lawai, ini Agendanya

Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel ke Muara Lawai, ini Agendanya

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan didampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lahat, kunjungi Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Kamis 30 Maret 2023.--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan didampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lahat, kunjungi Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Kamis 30 Maret 2023.

Kunjungan ini merupakan Koordinasi Lintas Sektor/Lintas Program Malaria Global Fund yang juga menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Nomor: 443/035/KES/2023, dalam rangka menuju Lahat Eliminasi Malaria tahun  2023 Lintas Program dan Lintas Sektor Program Pencegahan dan Pengendalian Malaria di Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, melalui Kabid P2P, Aiwa Marlina SKM MM menuturkan, koordinasi lintas sektor/lintas program Malaria Global Fund ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah dibidang kesehatan.

Meminimalisir serta  menjaga kesehatan masyarakat  khususnya penyakit Malaria di wilayah Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Berat Sekali Tuntutan Eks Kapolda Sumatera Barat

Selain itu menurut Aiwa, kegiatan lintas sektoral ini agar program kesehatan dapat berjalan terus menerus di setiap desa, sehingga diharapkan dapat  terciptanya masyarakat yang mengerti akan pentingnya kesehatan.

Terjalin komunikasi yang baik antara Dinas Kesehatan dan masyarakat desa yang berada di wilayah Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Di tempat yang sama, Camat Merapi Timur Edeales Pokal SSTP MM menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan wilayahnya masing masing terutama di seputaran rumah agar tetap bersih.

"Selokan air, bak mandi juga harus sering dibersihkan. Terlebih lagi terutama dampak banjir bandang beberapa waktu lalu yang mungkin masih sangat banyak genangan air, sehingga berpotensi tumbuhnya jentik jentik nyamuk di sekian rumah sehingga harus lebih sering dibersihkan,” ujarnya.

BACA JUGA:Begini Harga Getah Karet di Kikim Area, Jumlah Tauke Karet Berkurang

Dengan seringnya diadakan kebersihan akan mencegah sekaligus untuk mengantisipasi dampak Malaria.

Disisi lain Dr Bramono sebagai pengisi materi dalam Kordinasi Lintas Sektor ini, menerangkan tehnis dan perencanaan dampak dari malaria dan berbagai macam jenis malaria.

Dr Bramono juga menjelaskan tata cara dalam pencegahan dan mengantisipasi jangan sampai terjadi malaria di sekitar kita.

Yang intinya menurut Dr Bramono harus tetap menjaga kebersihan, pola makan yang teratur, olahraga serta istirahat yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: