Pemda Lahat

Desa Wanaraya Kembangkan Budidaya Ikan Lele

Desa Wanaraya Kembangkan Budidaya Ikan Lele

Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Desa Wanaraya.-Foto : April/lahatpos.co-

LAHAT, LAHATPOS.CO - Realisasi program ketahanan pangan yang diprioritaskan pemerintah dalam Dana Desa (DD) tahun 2022 diimplementasikan Pemerintah Desa (Pemdes) Wanaraya Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat.

Pemdes Wanaraya kembangkan budidaya ikan Lele dengan media kolam terpal. 

Dimulainya pengembangan budidaya kolam terpal pada Anggaran Dana Desa Tahun 2022, Selasa (28/3/2023).

Kepala Desa Wanaraya, Warsanto menuturkan untuk pengembngan Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Terpal, pagu anggarannya diambil dari Dana Desa Ketahanan Pangan pada Tahun Anggaran 2022, dengan bekerjasama dengan pihak Ketiga yakni CV. Fhrajun Farm Group.

BACA JUGA:Dua Masjid di Tanjung Payang Hadirkan Ulama Palestina

"Bibit ikan Lele yang dilepas sebanyak 10.000 ribu ekor dengan ke tersediaan Kolam Terpal sebanyak 10 buah, dan alhamdulillah tahun kemarin sudah menghasilkan, serta masyarakat dapat menikmatinya, untuk  pengurus masih dari Pemerintah Desa Wanaraya belum dibentuk kelompok," ucapnya.

Kades menambahkan, tujuan dari program ketahanan pangan ini, memang arahan langsung dari Presiden RI, Ir Joko Widodo, bahwa desa-desa harus menjalankannya dalam bentuk kemandirian yang telah tersedia. 

Terutama memiliki kemandirian untuk penyediaan pangan dalam hal ini melihat potensi desa.   

"Kami programkan ikan Lele, karena cukup memiliki sumber air yang banyak, dimana, beberapa unit sumur bor yang insya Allah mengaliri untuk pengisian dari pada kolam ini, itu datangnya dari sumur bor desa," tegas Warsanto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: