Terdampak Banjir, ini Harapan Masyarakat Desa Cecar untuk Pemerintah Kabupaten Lahat

Terdampak Banjir, ini Harapan Masyarakat Desa Cecar untuk Pemerintah Kabupaten Lahat

Meluapnya Sungai Kikim hambat kegiatan masyarakat Kikim Timur. -Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Kikim Area - Banjir hampir melanda di seluruh Kabupaten Lahat. Seperti yang terjadi di Desa Cecar ini, kini Desa Cecar Kecamatan Kikim Timur kembali terhambat lagi akses jalan penghubung dari Kecamatan ke Kota Lahat. Begitu juga dari arah sebaliknya menuju Cecar.

Kepala Desa Cecar, Abdul Haris Juandi S Sos kepada lahatpos.co Kamis 9 Maret 2023 menjelaskan, kejadian banjir sekitar jam 16.00 WIB mulai meluapnya genangan air Sungai Kikim ke permukaan dataran rendah dan ke sungai kecil yang bermuara di Sungai Kikim.

Jadi Sungai Kikim ini meluap sehingga berdampak sungai yang kecil di Desa Cecar ini juga meluap. 

"Nah sekarang sudah dua titik kedalaman ruas jalan dihimpit dua jembatan yang berdekatan yang tidak jauh dari rumah warga Desa Cecar"

Bahkan disaat ini air sungai semakin bertambah tinggi ke permukaan jalan, sehingga kendaraan roda dua dan roda empat jenis mini bus hanya bisa  menunggu susutnya Sungai Kikim.

Menurut Abdul Haris, Sungai Kikim yang berada diwilayah Cecar ini hampir setiap tahun mengalami banjir diruas jalan tersebut. Terkadang Sungai Kikim meluap dan terputusnya akses jalan bisa terjadi selama 4-5 jam, bahkan pernah mengalami terputusnya hubungan Cecar ke Tampak'an dan ke desa tetangga.

Namun sampai saat ini kondisi air tetap deras mengalir ke badan jalan aspal. Untungnya kejadian ini sore hari jadi aktifitas terutama anak-anak sekolah sudah banyak pulang siang hari tadi.

Mewakili masyarakat Kikim Area dan masyarakat Desa Cecar khususnya. 

"Kami segenap masyarakat mengharapkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bapak Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Dinas PU Bina Marga sekiranya bisa menimbun jalan yang masih sangat rendah ini, untuk meminimalisir jika Sungai Kikim meluap banjir masyarakat masih bisa melintas," harapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: