Usia 103 Tahun Maimuna Warga Empat Lawang Jadi CJH Tertua di Sumsel

Usia 103 Tahun Maimuna Warga Empat Lawang Jadi CJH Tertua di Sumsel

Ibu Maimuna yang memakai baju orane dan memegang tongkat mengikuti manasik haji di kantor Kemenag Empat Lawang. --

 

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO - Maimuna warga Desa Sleman Ilir Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, menjadi Calon Jamah Haji (CJH) tertua di Kabupaten Empat Lawang, bahkan di Sumatera Selatan (Sumsel).

Saat ini usia CJH atas nama Maimuna tersebut, sudah berusia 1 Abad lebih, atau 103 tahun. Rencananya perempuan kelahiran tahun 1920 tersebut, akan diberangkatkan pada tahun 2023 ini melalui Embarkasi Palembang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang Azhari Riadi, melalui Staf Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Burhamsih, mengatakan, ibu Maimuna tersebut, mendaftar haji pada tahun 2017 yang lalu.

"Berdasarkan aturan dari Menteri Agama, bagi yang lansia yang usianya 80 tahun keatas, untuk keberangkatannya wajib menunggu 3 tahun," ungkap Burhamsih, saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (8/3/2023).

Saat ini, kondisi Ibu Maimuna, dalam keadaan sehat dan itu berdasarkan hasil pemeriksaan dari tenaga kesehatan." Dia sehat, Gaga, tapi jalannya menggunakan tongkat, pendengarannya masih cukup baik. Cuma penglihatannya saja yang agak kurang," ujarnya. 

Sebenarnya dijelaskan Burhamsih, ibu Maimuna ini, akan diberangkatkan pada 2020 yang lalu. Namun batal berangakat sebab kurang 1 bulan baru 3 tahun. 

"Tapi tahun 2020 itu batal seluruhnya tidak ada yang berangkat karena covid," jelasnya.

Untuk tahun ini ada 63 CJH empat lawang yang akan diberangkatkan, dari 63 itu 9 orang lansia dan ada juga yang mutasi.

Tahun ini ditambahkan Burhamsih, sebanyak 63 CJH empat lawang yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Termasuk yang mutasi dan 9 orang lansia.

"Lansia yang tahun ini paling muda itu berusia 83 tahun," ungkapnya. (01)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: