Banjir Sebabkan Beberapa Infrastruktur di Merapi Selatan Rusak

Banjir Sebabkan Beberapa Infrastruktur di Merapi Selatan Rusak

Satu unit mobil tengki air milik bapak Burdani (52 tahun) terbawa arus air.--

LAHATPOS.CO, Merapi Selatan - Akibat luapan Air Setul dan Sungai Sehile karena diguyur hujan beberapa hari ini, menyebabkan beberapa infrastruktur yang terdapat di  Desa Sukamerindu Kecamatan Merapi Selatan rusak karena diterjang luapan air Sungai Setul dan Sungai Sehile, Minggu,19 Februari 2023.

Danramil Merapi Kapten Inf Agus Subakto melalui Bati Tuud Peltu Adi Noviar mengungkapkan, kejadian ini diperkirakan terjadi pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 sekitar pukul 00.30 sampai 04.00 Wib.

Karena telah turun hujan dengan intensitas cukup lebat yang  menyebabkan meluapnya air Sungai Setul di Desa Suka Merindu Kecamatan Merapi Selatan.

Dengan meluapnya air Sungai Setul ini mengakibatkan beberapa kerusakan yang terjadi baik kebun maupun infrastruktur. Bahkan, luapan air Setul  sampai memasuki sebagian lantai rumah warga Desa Sukamerindu. 

Menurut data yang berhasil dihimpun kerusakan akibat luapan dan arus air Sungai Setul ini menyebabkan beberapa infrastruktur diantaranya satu unit Mobil tengki air milik bapak Burdani (52 tahun). 

Kemudian satu jembatan Desa Padang yang ambruk, kemudian pagar belakang rumah warga roboh yaitu milik bapak Asinawi (65 tahun).

Selanjutnya pagar belakang SMA Negeri 1 Merapi Selatan yang juga roboh.

Namun masih beruntung atas kejadian ini tidak ada korban jiwa  

Bati Tuud Peltu Adi Noviar menyebut, setelah mendapatkan informasi dari warga Babinsa Merapi langsung mengecek ke titik lokasi dan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan aparatur desa setempat.

Untuk jembatan yang ambruk merupakan jalan desa dan bukan jalan poros sehingga tidak menggangu aktivitas kegiatan warga. 

Sementara itu Ketua Forum Kades Kecamatan Merapi Selatan, Oking Rahandi membenarkan bahwa di Kecamatan Merapi Selatan ada beberapa desa yang mengalami kebanjiran.

"Benar di Kecamatan Merapi Selatan banjir. Ini disebabkan meluapnya Sungai Setul dan Sungai Sehile," ujar Oking.

Menurut Oking, kalau yang banjir banyak, Desa Suka Merindu, Desa Tanjung Beringin, Desa Padang juga banjir," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: