Koperasi KPN Pertanian Lahat Terima Piagam Penghargaan RAT Cepat dan Tepat Waktu

Koperasi KPN Pertanian Lahat Terima Piagam Penghargaan RAT Cepat dan Tepat Waktu

Sambutan Kadis TOH dan Peternakan Eti Listiana SP MM--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Koperasi KPN Pertanian LAHAT menerima piagam pengargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten LAHAT. Karena Koperasi KPN Pertanian LAHAT telah melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT) cepat dan tepat waktu.

Piagam penghargaan diserahkan langsug oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat, Heri Alkahfi AP MSi, kepada Ketua Koperasi KPN Pertanian Ahmad Firdaus SP MM, disaksikan oleh Kadis TOH dan Peternakan Eti Listiana SP MM dan Ketua Dekopinda Lahat HM Maulana.

Ketua Koperasi KPN Pertanian Ahmad Firdaus SP MM menjelaskan, RAT tahun buku 2022 yang diselenggarakan ini, merupakan RAT ke 27, sehingga tidak terasa KPN Pertanian telah eksis selama 27 tahun turut membantu kesejahteraan ASN Dinas Pertanian Lahat.

Dalam perkembangannya saat ini, KPN Pertanian memiliki anggota sebanyak 89 orang, sampai dengan 31 Desember 2022, seiring dengan pembukaan peluang ASN kategori P3K untuk menjadi anggota KPN Pertanian dengan catatan khusus.

Total aset yang dimiliki oleh KPN Pertanian sampai dengan saat ini berjumlah Rp1.546.809.000,- Program simpan pinjam masih menjadi fokus utama.

“Fasilitas yang berikan kepada anggota salah satunya adalah, pinjaman dengan jumlah maksimal 50 juta rupiah dengan bunga 0,85 persen selama 4 tahun, dan pembiayaan lain yang dibutuhkan anggota,” ujarnya.

Dalam kurun waktu setahun terakhir, pendapatan atau SHU yang diperoleh belum mencapai angka yang menggembirakan. Hal ini disebabkan oleh belum mencapai angka yang menggembirakan. Hal ini disebabkan oleh menurunnya jumlah anggota yang melakukan peminjaman. Hal ini diprediksi dengan keterbatasan penghasilan yang diperoleh setiap bulan.

“Kami juga melaksanakan bimbingan teknis administrasi dan pengurusan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat, sehingga diharakan kedepannya pelaporan kepada anggota akan lebih baik, akuntabel, dan bisa dipercaya,” ujarnya.

Kadis TOH dan Peternakan Eti Listiana SP MM mengungkapkan, KPN Pertanian Kabupaten Lahat sangat membantu sekali kepada ASN Dinas Pertanian Lahat. Khususnya, yang tercatat sebagai anggota dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti menyekolahkan ke jenjang lebih tinggi maupun kebutuhan lainnya.

“Saya selaku Kepala Dinas tentu sangat mendukung KPN Pertanian ini, agar lebih maju dan lebih membawa kesejahteraan bagi anggota dengan fasilitas fasilitas yang diberikan.

Rapat anggota tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan kopeasi kearah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus dan mengevaluasi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi,” ucapnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: