Pemda Lahat

SMPN 1 Unggul Lahat Selatan Kembali Mewisuda 67 Tahfidz, Hadirin Boleh Langsung Menguji Hafalan Alquran

SMPN 1 Unggul Lahat Selatan Kembali Mewisuda 67 Tahfidz, Hadirin Boleh Langsung Menguji Hafalan Alquran

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs. H. Suhirdin MM secara simbolis menyerahkan sertifikat Wisuda Tahfidz.--

LAHAT, LAHATPOS.CO - SMPN 1 Unggul Lahat Selatan kembali mengadakan Wisuda Tahfidz Quran, Kamis, 2 Februari 2023 pukul 09.00 Wib di Aula SMPN 1 Unggul Lahat Selatan, pada Angkatan ke VI periode ke 2.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs. H. Suhirdin MM, hadir juga Ketua Darma Persatuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Dra. Hj. Ashety Zahri, Kabid pembinaan SMP Rahmat Sri Fauzi, S.Pd, MM, Pengurus Komite, Kepala SMP  Negeri Se- Kecamatan Lahat, Kepala SMA 4 Unggul Negeri Lahat, Dewan guru, dan para orang tua siswa yang diwisuda.

Wisuda tahfiz ini dibagi menjadi 3 kategori, kategori Juz 30 dengan jumlah 63 Siswa, kategori Juz 29 dengan jumlah 3 siswa dan kategori Juz 28 dengan jumlah 1 siswa.

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 1 Unggul Lahat Selatan Johan Kapri, M.Pd mengatakan, "Ini merupakan wisuda tahfidz Angkatan ke VI, petode ke-2, yang pada tahun ini jumlahnya dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, ini suatu progres yang sangat luar biasa dan tentu membutuhkan proses yang cukup panjang,” kata Johan Kapri, M.Pd selaku kepala sekolah 

"Dengan adanya siswa yang hafal Al Qur'an ini, diharapkan dapat membentuk siswa yang mencintai Al Qur'an, berkhlaq Al Qur'an, bermanfaat baginya, dan sertifikat yang diterima nanti dapat memotivasi agar lebih giat membaca menghafal Al Qur'an, dan menjadi pertimbangan diterima di SMA Unggul Favorit". imbuhnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs. H. Suhirdin, MM mengatakan,  saya ucapkan selamat dan bangga kepada anakku yang hari ini  diwisuda Tahfidzul Qur'an, teruskan dan tingkatkan belajar dan menghafal Al-Qur'an menjadi kebanggaan orang tua. 

Karena ini juga cita cita Bapak Bupati Lahat tentang  pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an dan Kitab Agama lainnya (BTA) sebagai program pemberantasa buta aksara Al Qur'an, yang dimuat dalam kurikulum  Mulok BTA disekolah 2 jam tatap muka, telah dilaunching pada awal tahun pelajaran 2022/2023, dengan tujuan agar pelajar mencintai, belajar Al Qur'an sehingga terbentuk pelajar yang berkualitas religius, berakhlaq dan bermanfaat, selamat dunia akhirat. Imbuh Suhirdin. 

 Saya mengharap kegiatan ini tetap berlanjut dan ditingkatkan dan dapat dilaksanakan oleh sekolah lainnya. Pungkas Suhirdin. 

Waka kesiswaan Drs. Yusran selaku koordinator acara, mengatakan kegiatan Wisuda Khataman Tahfidzul Qur'an ini adalah kegiatan rutin sekolah, dan pada hari ini adalah wisuda angkatan ke VI periode ke 2,  dan ini adalah salah satu program unggulan sekolah kami. Pungkas Yusran.

Usai prosesi wisuda tahfidz baik kategori Juz 30, 29 Maupun Juz 28 di uji publik. “Uji publik bertujuan untuk membuktikan bahwa siswa-siswi yang di wisuda benar-benar hafal Al-Qur’an,” ungkap Ridiansyah, S.Pd.I, M.Pd yang didampingi Evi Marlina, S.Pd.I selaku guru Pembina Tahfidz.

Semua yang hadir pada acara wisuda tahfidz diperbolehkan untuk menguji hafalan siwa-siswi yang ada di atas panggung, mulai dari Perwakilan Para Kepala sekolah,  dan wali murid pun ikut serta menguji hafalan siswa.

Acara ini diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat dan juga dari tamu undangan kepada peserta wisuda khataman tahfidzul Qur'an,  dilanjutkan dengan photo bersama. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: