puasa mui lahat

Selamat Berpuasa Ayyamul Bidh

Selamat Berpuasa Ayyamul Bidh

Makan sahur untuk Puasa Ayyamul Bidh.--

LAHAT, LAHATPOS.CO – Hari ini jadwal puasa Ayyamul Bidh. Puasa ini jatuh pada Sabtu, 4 Februari 2023 atau tanggal 13 Rajab 1444 Hijriah.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu amalan sunnah yang dapat dilaksanakan umat muslim setiap tanggal 13, 14, dan 15 dalam penanggalan Hijriyah.

Melansir dari laman NU Online, Ayyamul Bidh secara bahasa artinya hari-hari yang cerah. Dikatakan demikian karena hari pada malam sebelumnya cerah tersinari oleh bulan.

Adapun hukum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh yaitu sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Hal tersebut sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis dengan sanad hasan yang diriwayatkan An-Nasa'i, yakni:

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن)

Artinya: "Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian'. (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan)."

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Abu Daud juga dijelaskan sebagai berikut:

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)

Artinya:"Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: 'Rasulullah saw telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15'. (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81)."

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023

Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam penanggalan Hijriyah. Pada bulan Februari 2023 ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada tanggal 4, 5, dan 6 Februari 2023.

Berikut ini rincian jadwal puasa Ayyamul Bidh berdasarkan konversi Kalender Hijriah 1444 H Kementerian Agama RI dan Kalender Masehi 2023 M:

13 Rajab 1444 H (Sabtu, 4 Februari 2023)

14 Rajab 1444 H (Minggu, 5 Februari 2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: