Angka Stunting Turun di Sumsel, Herman Deru Sampaikan Berkat Orang ini

Angka Stunting Turun di Sumsel, Herman Deru Sampaikan Berkat Orang ini

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama anak anak.--

"Jauh di atas capaian nasional yang 2,8 persen. Tentu ada langkah-langkah terobosan yang berhasil dilakukan oleh Sumatera Selatan," ujarnya.

Namun, lanjut Muhadjir, ada juga beberapa provinsi yang tidak mengalami penurunan atau bahkan kasus bertambah sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

"Ada beberapa provinsi yang justru mengalami kenaikan. Namun bukan berarti belum ada upaya yang keras untuk menurunkan stunting. Faktor di luar kendali manusia bisa menjadi penyebab antara lain terpaan bencana yang bertubi-tubi seperti terjadi di NTB dan Sumatra Barat," jelasnya.

Dia menegaskan,   model dan inovasi cara penurunan stunting Sumatera Selatan bisa ditularkan di berbagai provinsi agar penurunannya bisa tercapai.

"Sebagian terobosan bisa direplikasikan di tempat lain, sebagian bisa dengan modifikasi, tetapi ada yang tidak bisa direplikasikan karena lebih terkait dengan budaya dan kearifan lokal," tutur Muhadjir.

Dilain pihak Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo, SpOG (K)  juga mengakui Provinsi Sumsel menjadi salah satu daerah yang penurunan stunting secara signifikan.

"Sumatera Selatan terlihat sangat signifikan turunnya," kata Hasto. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: