Optimalisasi Peran Serta Masyarakat Untuk Mendukung Program Posbindu Lansia PTM

Optimalisasi Peran Serta Masyarakat Untuk Mendukung Program Posbindu Lansia PTM

Oleh Lusiana, Detiana, A. Somad (Prodi Keperawatan Lahat Poltekkes Kemenkes Palembang)--

LAHATPOS.CO - Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat Penyakit Tidak Menular merupakan Penyakit yang tidak memiliki tanda klinis  secara khusus sehingga menyebabkan seseorang tidak mengetahui dan menyadari kondisi  tersebut sejak permulaan perjalanan penyakit. 

Kondisi tersebut menyebabkan keterlambatan dalam penanganan dan menimbulkan komplikasi PTM bahkan berakibat kematian. 

Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM adalah peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan monitoring terhadap faktor resiko PTM serta tindaklanjutnya yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. 

Pelaksanaan tindak lanjutnya dalam bentuk konseling dan rujukan ke fasilitas pelayanan dasar. Upaya pengembangan program Posbindu PTM sedang gencar dilakukan dan harapan kedepan Posbindu PTM dapat dijadikan “kendaraan program” pengendalian penyakit tidak menular di masyarakat.

Langkah Pelaksanaan Posbinda Lansia agar Efektif

Identifikasi Kelompok Potensial

Identifikasi merupakan kegiatan mencari, menemukan, mencatat data mengenai kelompok-kelompok masyarakat potensial yang merupakan sasaran subjek dalam pengembangan Posbindu PTM.

Sosialisasi dan Advokasi

Dilakukan kepada kelompok potensial terpilih, mereka diberi informasi tentang besarnya dampak terkena PTM.

Pelatihan Petugas Pelaksana

Pelatihan merupakan kegiatan memberikan pengetahuan tentang PTM, faktor resiko, dampak dan   upaya yang diperlukan dalam pencegahan dan pengendalian PTM.

Jenis-jenis penyakit tidak menular yang dapat menjadi fokus program Posbindu PTM.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD) merupakan penyakit yang menyerang organ jantung dan      pembuluh darah yang menyebabkan gangguan pada organ tersebut. 

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas,  tumbuh cepat dan tidak  terkendali dan dapat menyebar ketempat lain dalam tubuh penderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: