puasa mui lahat

Puskesmas Tebing Tinggi Empat Lawang Bentuk Program Peduli KIA

Puskesmas Tebing Tinggi Empat Lawang Bentuk Program Peduli KIA

Kepala Puskesmas Tebing Tinggi saat mensosialisasikan program pembentukan KIA.-Foto : Sumantri/lahatpos.co-

EMPAT LAWANG, LAHATPOS.CO - Untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, Puskesmas Tebing Tinggi, Kabupaten EMPAT LAWANG, gelar pertemuan koordinasi penguatan program perencanaan persalinan dan penangan  komplikasi ( P4K ) dan pembentukan forum pedulian kesehatan ibu dan anak (KIA).

Kepala Puskesmas Tebing Tinggi Rapiko, mengatakan, program ini merupakan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan, pertolongan, persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana oleh bidan.

"Bidan desa harus sering kontak dengan ibu hamil, dan disetiap rumah ibu hamil dipasang stiker, dan harus memiliki buku kesehatan," kata Rapiko, Senin (28/11).

Selain itu lanjut Rapiko, di Kecamatan Tebing Tinggi ini, belum ada forum peduli KIA, untuk tahap awal ini pihaknya akan mensosialisasikan terlebih dahulu terkait pembentukan forum peduli KIA tersebut.

BACA JUGA:Kemeriahan Peringatan Hari Guru di SD Negeri 14 Kecamatan Merapi Timur

"Setiap desa/kelurahan, itu harus membentuk forum peduli KIA," ujarnya.

Sebab ditambahkan Rapiko, forum peduli KIA ini, merupakan suatu wadah atau forum masyarakat yang berkonsentrasi pada penanganan masalah kesehatan ibu dan anak.

"Tujuannya itu tadi, untuk menurunkan angka kematian terhadap ibu dan anak, khusunya di Kecamatan Tebing Tinggi," pungkasnya. (01)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: