2 Anak anak Meninggal Dunia Karena DBD di Empat Lawang

2 Anak anak Meninggal Dunia Karena DBD di Empat Lawang

Kiki Nurhayati-Foto : Sumantri/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Empat Lawang – 2 orang warga Kabupaten Empat Lawang meninggal dunia akibat terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), periode Januari hingga September 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Hj Happy Sapriani melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kiki Nurhayati, mengakan, 2 orang yang meninggal tersebut semuanya anak-anak berusia 8 tahun.

"Yang meninggal itu dari Kecamatan Tebing Tinggi 1 orang dan Kecamatan Sikap Dalam 1 orang," kata Kiki, Selasa (8/11).

Dijelaskannya, sejak Januari hingga September 2022, pihaknya mendata ada 42 orang yang terkena penyakit DPD, sementara untuk di bulan Oktober belum ada laporan dari puskesmas.

BACA JUGA:92 Video Syur Sudah Diproduksi Wanita Kebaya Merah vs Pria Handuk Putih

"Ini kan baru awal bulan November, untuk dari Januari hingga September tadi, itu kebanyakan anak-anak yang kena. Tapi ada juga orang tua yang kena," jelasnya.

Paling banyak lanjut Kiki, yang terkena penyakit DBD tersebut itu dimulainya musim penghujan, yaitu dari bulan Juli, Agustus dan September.

"Kebanyakan menyerang anak-anak, Karen nyamuk DBD inikan siang menyerangnya. Kalau malam itu nyamuk malaria," ujarnya.

Pihaknya, ditambahkan Kiki, sudah membuat surat edaran ke puskesmas, untuk memberantas sarang nyamuk dengan menerapkan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

BACA JUGA:Gemapala Ajukan Yudical Review Persoalan Tapal Batas Lahat - Muara Enim

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat, agar giatkan gotong royong di lingkungan tempat tinggal, itu harus dibersihkan. Tebarkan bubuk Abate serta bak mandi dibersihkan dan gunakan kelambu," pungkasnya. (smt)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: