Tekan Emisi Karbon, SKK Migas dan KKKS Sumbagsel Hijaukan 70 Hektar Lahan Konservasi

Tekan Emisi Karbon, SKK Migas dan KKKS Sumbagsel Hijaukan 70 Hektar Lahan Konservasi

Penanaman pohon oleh SKK Migas dan KKKS Sumbagsel di Kebun Raya Sriwijaya, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.-Foto : dokumen SKK Migas-

LAHATPOS.CO, Ogan Ilir – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Sumatera Selatan, melakukan penanaman pohonpenanaman pohon untuk menekan emisi karbon, sebagai bukti nyata Program Penghijauan Hulu Migas di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Penamanan pohon sebanyak 5530 batang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Kebun Raya Sriwijaya, di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan yang merupakan sebuah kawasan konservasi tanaman.

Saat ini, sekitar 70 hektar kawasan Kebun Raya Sriwijaya sudah di tanami oleh SKK Migas – KKKS, yang merupakan lahan gambut dan satu-satunya Kebun Raya lahan Gambut di Asia Tenggara.

Terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama yang baik antar semua pihak dan peran yang sangat positif khususnya dari UPTB Kebun Raya Sriwijaya.

”Ini adalah upaya kita sebagai bentuk kewajiban untuk menekan emisi karbon dan juga sekaligus melestarikan lingkungan dan habitat lainnya. Penanaman yang dilakukan kebanyakan menggunakan tanaman Jeletung Rawa, Sorea Bengiran, Meranti, dan Durian Rawa. Penanaman buah akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, mari kita semua berperan dan memiliki andil.” ungkap Sekda Kabupaten Ogan Ilir, H. Muhsin.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Panji Tjahyanto mewakili Gubernur Sumatera Selatan mengungkapkan bahwa pemanasan Global saat ini menjadi Issue Dunia yang perlu diperhatikan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas – KKKS Sumatera Selatan, ini merupakan bukti nyata kontribusi Industri Hulu Migas di Sumatera Selatan khususnya dalam kegiatan lingkungan. Berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan, guna menjaga hijaunya lingkungan khususnya di wilayah Sumatera Selatan, serta ini juga upaya dalam menjaga kebakaran hutan dan menambah serapan karbon. Harapan saya, penanaman terus ditingkatkan dan juga tetap harus dipelihara,” ungkapnya.

Mewakili Anggono Mahendrawan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel menyampaikan bahwa SKK Migas dan KKKS sangat berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kontribusinya demi kelancaran kegiatan ini.

Program Penghijauan Hulu Migas merupakan bentuk komitmen Industri Hulu Migas dalam mengurangi emisi karbon yang tertuang dalam pilar Stategis Indonesian Oil & Gas (IOG) 4.0.

Program Penghijauan Hulu Migas ini disinergikan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2022, sebagai kontribusi kami dalam mendukung upaya-upaya Pemerintah Indonesia dalam pengurangan emisi karbon.

Kegiatan ini bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumsel yang melibatkan seluruh KKKS wilayah Sumatera Selatan.

Ini wujud nyata bahwa keberhasilan hulu migas merupakan keberhasilan kita semua, sebagaimana semboyan Provinsi ini, Sumsel Maju Untuk Semua.

Andi Arie menambahkan, seremoni Program Penghijauan Hulu Migas yang dilakukan ini juga dilakukan peliputan dan pembuatan video dokumenter yang akan disampaikan secara serentak pada event The 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2022 (ICIOG 2022) tanggal 24 November 2022 di Bali, yang turut mengundang para Kepala Daerah Provinsi penghasil migas.” 

TENTANG SKK MIGAS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: