Konservasi Gajah Perangai Lahat Jadi Destinasi Wisata Hari Libur

Konservasi Gajah Perangai Lahat Jadi Destinasi Wisata Hari Libur

Pengunjung berswafoto dengan Gajah Sumatera di Perangai Merapi Selatan jadi destinasi wisata hari libur, Foto: Vina--

LAHATPOS.CO, Lahat - Pusat Pelatihan Gajah di Bukit Selero, Desa Perangai, Merapi Selatan, Kabupaten Lahat merupakan taman wisata alam. Gajah liar tersebut berasal dari Hutan Musi dan Musi Banyuasin. 

Nama sekolah gajah atau pelatihan gajah Lahat ini adalah Sekolah Gajah Perangai, Lahat, Sumatera Selatan. Di Sekolah Gajah Perangai, anda dan keluarga akan disambut oleh gajah yang jinak.

Gajah liar ini berasal dari Hutan Musi dan Musi Banyuasin. Hewan khas dari Pulau Sumatera ini melakukan latihan rutin setiap hari.

Rasa penasaran kamu akan terpuaskan ketika tiba di sekolah gajah ini, yang melatih hewan bertubuh besar agar jinak dan bahkan dapat membantu pekerjaan manusia.

Tidak tanggung-tanggung, pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para gajah ini ialah mengangkut barang dan kayu. Walau pun sekolah gajah Perangai sudah didirikan sejak 20 tahun lalu, tetapi tidak sepopuler Way Kambas.

BACA JUGA:Dinas Sosial Lahat Usulkan 57 Rumah Terbakar Dapat Bansos

Oleh karena kurang populernya Sekolah Gajah Perangai, maka lingkungan alam sekitar tempat penangkaran masih sangat alami dan asri. Pepohonan dan perbukitan menjadi pemandangan utama ketika kamu berada di sini. Udara segar akan memenuhi paru-paru kamu dan menyegarkan pikiran.

Joni pelatih gajah mengatakan, "Dulunya gajah ini ada 8 ekor, tapi beberapa dikembalikan ke habitatnya karena sengketa lahan dengan perusahaan batubara, jadi sekarang tinggal satu ekor gajah jantan. Usianya sudah 40 tahun, namanya Kalingi" ujarnya .

Biasanya pengunjung hanya akan berswafoto atau melihat atraksi gajah. Pengunjung ramai pada hari weekend Sabtu dan Minggu dan tidak dipungut biaya apapun. Karena konservasi gajah ini sudah dibiayai oleh pemerintah setempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: