Belajar Kata Peduli dari PTBA

Belajar Kata Peduli dari PTBA

AVP Community Engagement & Partnership PTBA Arkoni menyerahkan plat mobil bantuan kepada Baznas Lahat yang diterima secara simbolis oleh Bupati Lahat Cik Ujang, SH. -Foto : dian/lahatpos.co-

PTBA juga menggelar kegiatan Live and Contribute to Local Communities untuk para pegawai baru yang sedang mengikuti program onboarding. Sebanyak 19 pegawai baru PTBA ikut serta dalam aktivitas yang berlangsung selama 5 hari dari 10-14 Oktober 2022 ini. 

Para peserta mengikuti kegiatan pengembangan masyarakat (community development) di desa-desa binaan Sustainability PTBA di Lahat dan Muara Enim, yaitu Desa Prabumenang, Dusun Tanjung, Desa Lingga, Mandala Sebrang, Desa Tegal Rejo. Mereka didorong untuk berkontribusi dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat yang dapat diwujudkan melalui program Sustainability PTBA.

AVP Sustainable Economic, Social, & Environment PTBA Mustafa Kamal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati pegawai terhadap lingkungan sekitar. Sejalan juga dengan noble purpose (tujuan mulia) MIND ID, yaitu pertambangan untuk kesejahteraan masyarakat dan masa depan yang lebih baik.

Kemudian, kepedulian PTBA juga ditujukkan kepada wartawan. PTBA membagikan paket sembako dan uang santunan kepada wartawan yang bertugas di Kabupaten Lahat. Terutama menjelang memasuki bulan puasa Ramadhan dan lebaran. PTBA membagikan bantuan itu melalui organisasi PWI, SMSI, IWO, JMSI, AWDI, dan organisasi wartawan lainnya. 

Perusahaan tambang batubara yang lain, dapat meniru PTBA yang pedui terhadap wartawan.

Cara membagikan bantuan kepada wartawan sangat bagus sekali. Bantuan diserahkan kepada organisasi wartawan. Hal ini, untuk mengindari wartawan dapat bantuan doubel. Bantuan PTBA langsung sampai, dan semua wartawan kebagian dapat bantuan PTBA.   

PTBA juga membuatkan baju seragam bagi wartawan. Baju kemeja panjang warga biru dongker, terbuat dari bahan yang bagus, di belakang bertuliskan “Jurnalis Sahabat Bukit Asam”. Hal ini menandakan begitu dekatnya PTBA dengan wartawan di Kabupaten Lahat.

PTBA juga menggelar Lomba Menulis Opini bagi wartawan di Kabupaten Lahat. PTBA menggelar acara Media Gathering bersama wartawan Kabupaten Lahat di Plaza Lematang, Kota Lahat. Ada puluhan wartawan hadir, dan menikmati suasana asyik, sambil menikmati menu yang sudah disiapkan PTBA. Termasuk, tempat acara media gathering adalah usaha yang dikelola oleh salah satu wartawan di Lahat. 

PTBA begitu baik, peduli, dan menolong Kabupaten Lahat.

Akhirnya, sebagai penutup tulisan ini, penulis mengutip arti ayat dalam Alqur’an, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.” (QS Al Kautsar: 1-3).

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya. – (Q.S Al-Maidah: 2). (*)

 

Penulis : Diansyah Putra

Media : Lahatpos.co

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: