Belajar Kata Peduli dari PTBA

Belajar Kata Peduli dari PTBA

AVP Community Engagement & Partnership PTBA Arkoni menyerahkan plat mobil bantuan kepada Baznas Lahat yang diterima secara simbolis oleh Bupati Lahat Cik Ujang, SH. -Foto : dian/lahatpos.co-

Tahun 2019 silam, Kabupaten Lahat pernah mendapatkan Rekor MURI memasak Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak di Lapangan Eks MTQ Lahat. Rekor MURI ini tidak terlepas dari peran H. Samiri yang mensinergikan Pemerintah Kabupaten Lahat dan PTBA. Bahkan, sampai Ayam Nanas kuliner khas Lahat itu dikemas dalam bentuk kaleng dengan berat 370 gram, PTBA pun ikut andil membantu di dalamnya.

Di bidang sosial, Sustainability PTBA mengucurkan bantuan satu unit mobil Suzuki APV kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat. PTBA juga menambahkan uang senilai Rp 20 juta kepada Baznas Lahat, agar mobil itu dapat difungsikan menjadi kendaraan operasional menjalankan program Baznas.

Menariknya dan membuat takjub penulis, bantuan mobil dari PTBA diantarkan langsung oleh Vice President Sustainability/CSR PT Bukit Asam Tbk Hartono ke Kantor Baznas Lahat, di Jalan Kolonel Burlian, Bandar Agung Lahat pada Jumat 8 Juli 2022 yang lalu.

Melihat kehadiran Hartono yang datang langsung dan membawa bantuan mobil untuk Baznas Lahat, membuat mata unsur Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat berbinar binar. Hartono disambut dan dipeluk langsung oleh Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat. Apalagi unsur Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat sebagian besar adalah Kiyai (ulama). Diantaranya, Ketua Umum Baznas Lahat KH Hamdi Arsal, Wakil Ketua 1 KH M Nashir Syakni, Wakil Ketua 2 KH Rusli Mansur, Wakil Ketua 3 KH Khaidir Rusmi, dan Wakil Ketua 4 H Hasnul Basri.

Para Kiyai pun mendoakan untuk keberkahan mobil itu, atas kebaikan PTBA kepada Baznas Lahat. "Terima kasih PTBA. Sampaikan salam kami kepada Direksi PT Bukit Asam. Kami akan jaga, rawat, dan gunakan mobil ini untuk operasional kegiatan Baznas Lahat. Insya Allah, setiap mobil ini digunakan, maka akan mengalir amal jariyah untuk jajaran PTBA," ujar Ketua Umum Baznas Lahat KH Hamdi Arsal, di acara penyerahan bantuan mobil kepada Baznas Lahat dari PTBA di halaman Kantor Baznas Lahat, Jumat (8/7/2022).

Bantuan mobil PTBA ini, secara simbolis kembali diserahkan AVP Community Engagement & Partnership PTBA Arkoni kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat yang langsung diterima Bupati Lahat Cik Ujang SH. Penyerahan mobil berlangsung pada Jumat 22 Oktober 2022 di Masjid Baitul Makmur Pemda Lahat. Kemudian, Bupati Lahat Cik Ujang SH menyerahkan mobil itu kepada Ketua Umum Baznas Kabupaten Lahat KH Hamdi Arsal.

Cik Ujang memuji PTBA sebagai perusahaan tambang batubara milik negara yang aktif membantu Kabupaten Lahat.  “Teruskan membantu, Lahat selalu siap menerima bantuan dari PTBA,” ujar Cik Ujang.

Bahkan, Wakil Ketua 1 Baznas Lahat, KH M Nashir Syakni mengatakan, apa yang dilakukan PTBA, salah satu cara menjadikan mudah urusan orang lain. Adanya bantuan mobil akan mempermudah urusan Baznas. Apalagi wilayah Lahat merupakan kabupaten yang sangat luas jangkauannya. Lahat memiliki 24 kecamatan, 18 kelurahan, dan 360 desa. Semua wilayah Lahat harus dijangkau oleh Baznas dalam menjemput pembayaran zakat. Tentu, membutuhkan mobil operasional bagi Baznas Lahat.

Alhamdulillah, PTBA hadir memberikan bantuan mobil bagi Baznas Lahat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya.

Disampaikan Wakil Ketua 4 Baznas Lahat H Hasnul Basri, Baznas Lahat sudah memiliki satu mobil operasional. Namun, masih kurang, karena luasnya jangkauan kerja Baznas Lahat. Sehingga pihaknya berinisiatif mengajukan permohonan bantuan mobil kepada PTBA. Permohonan Baznas Lahat disetujui PTBA. “Terima kasih kepada jajaran PTBA telah membantu mobil kepada Baznas. Bantuan PTBA sangat manfaat bagi kami,” ucapnya.

Wakil Ketua 2 KH Rusli Mansur juga menilai, pemberian bantuan satu unit mobil dari PTBA kepada Baznas Lahat, menunjukkan kepedulian PTBA terhadap pembangunan di Kabupaten Lahat.

Dukungan PTBA tidak diragukan lagi untuk Kabupaten Lahat. PTBA tidak sekedar melakukan kegiatan penambangan batu bara saja, akan tetapi diiringi dengan kegiatan kepedulian sosial, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Vice President Sustainability/CSR PT Bukit Asam Tbk Hartono menyampaikan, PT Bukit Asam Tbk terus memberikan kepeduliannya kepada Kabupaten Lahat. Kepedulian itu dapat dilihat dari bantuan dan program PTBA yang disalurkan di Kabupaten Lahat. Salah satunya, memberikan bantuan satu unit Mobil Suzuki APV kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat. 

Mobil ini bisa membantu kegiatan Baznas Lahat dalam melayani mustahik (pembayar zakat, red) dan penyaluran bantuan kepada muzakki (penerima zakat, red). Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian nyata PTBA dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lahat.

Selain itu, PTBA memberikan perhatian terhadap kesehatan Sri Rahayu (59). Warga Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat yang mengidap penyakit Tumor. Dalam kunjungannya, Erwandi, salah satu bagian Sustainability PTBA Tanjung Enim mengantarkan sembako dan susu kepada Sri Rahayu. Bantuan ini untuk membantu meringankan beban Sri Rahayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: