18 Parpol Jalani Verifikasi Faktual oleh KPU Lahat

18 Parpol Jalani Verifikasi Faktual oleh KPU Lahat

KPU Kabupaten Lahat sedang memverifikasi faktual keanggotaan dari parpol, Kamis 20 Oktober 2022, -Novri/Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - 18 partai politik (Parpol) yang lolos secara administrasi ditingkat pusat, kini, mereka harus menjalani verifikasi faktual dengan menunjukan kantor hingga keanggotaannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Nana Priana SHi MM melalui Komisioner Divisi Teknis Pemilu dan Hupmas, Irfan Rojhumudin menyebutkan, bahwasanya bagi parpol yang lolos administrasi, mereka harus menjalani faktual.

"Yang kita verifikasi terkait keberadaan kantor parpol, pengurus harian hingga keanggotaannya, apakah sesuai dengan kartu identitasnya," ungkapnya, Kamis 20 Oktober 2022.

Bahkan, sambung dirinya, pihaknya mendatangi door to door terhadap keanggotaan maupun video call, sehingga pihak KPU bisa membuktikan kebenarannya.

"Nah, apabila parpol bersangkutan ada beberapa catatan, maka, dikatakan belum memenuhi syarat (BMS), mereka nantinya berhak memperbaikinya ditunggu 15 hari kedepan," jelas Irfan Rojhumudin.

Pihak KPU, masih kata Irfan, tidak ingin kecolongan terhadap anggota dari parpol tersebut. Dikhawatirkan ulah oknum operator partai yang asal memasukan saja, akan tetapi, ketika diperiksa yang bersangkutan tidak tahu menahu kalau namanya masuk ke dalam parpol.

"Hal seperti inilah yang kita harus hindari, jangan sampai, nama-nama yang menjadi anggota malah tidak pernah dihubungi dan koordinasi terlebih dahulu," bebernya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Lahat, Ismail Arifin SH menuturkan, pihaknya siap mengarungi pesta demokrasi pada 2024, dengan menyiapkan kader-kader partai yang mumpuni disetiap dapil.

"PBB siap berperang untuk mengembalikan jumlah kursi di parlemen setidaknya satu fraksi. Dimana, pihaknya juga telah menempatkan calon legislatif (Caleg) memiliki kredibilitas tinggi," bebernya.

Sementara itu, Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Lahat, Amir Hamzah menerangkan, pihaknya sebelumnya telah mengklaim untuk keanggotaannya sama sekali tidak terlibat dengan partai lain.

"Alhamdulillah, untuk anggota partai yang berjumlah 200 orang, telah diklarifikasi tidak terlibat dengan parpol lain, hanya saja, mayoritas dari mereka bekerja baik di perusahaan maupun wiraswasta," terangnya.

Mudah-mudahan, sambung dia, Partai Buruh Kabupaten Lahat setelah verifikasi faktual ini, lanjut berkiprah pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

"Tentunya, kita tidak muluk-muluk untuk target kursi di parlemen, paling tidak, setiap daerah pemilihan (Dapil) terwakili anggota," tukas Amir Hamzah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: