Lantik 5 Anggota BPD, Ini Pesan Camat Merapi Barat

Lantik 5 Anggota BPD, Ini Pesan Camat Merapi Barat

Camat Merapi Barat Sumarno SE MSi melantik lima anggota BPD.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Camat Merapi Barat Sumarno SE MSi melantik langsung 5 anggota Badan Permusyawaratan Desa  (BPD) dari 3 desa. Yaitu, Desa Telatang, Desa Gunung Agung, dan Desa Karang Rejo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Pelantikan digelar di aula Kantor Camat Merapi Barat, Senin17 Oktober 2022.

Camat Merapi Barat Sumarno SE MSi mengucapkan selamat kepada anggota BPD dari 3 desa yang baru dilantik. Tentunya tugas berat yang sudah menanti bagi anggota yang baru dilantik.

"Karena anggota BPD merupakan mitra dari pemerintah, sehingga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama dengan kepala desa meski dengan tupoksi masing masing," ujarnya. 

Karena sebagai anggota BPD salah satu tugasnya harus dapat menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat, serta melayani masyarakat terutama dalam membuat peraturan desa bersama dengan pemerintah desa.

BACA JUGA:Aplikasi SI PENTING GASPOL Permudah Pemantauan Stunting di Lahat

Juga yang paling pokok dan tak kalah penting, tambah Sumarno, dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan desa peran BPD sangat wajib dan harus dilaksanakan oleh anggota BPD yaitu musyawarah desa (musdes).

Dan, hendaknya sebagai anggota BPD diharapkan sebelum musyawarah desa anggota BPD sudah tau apa yang menjadi skala prioritas dan harapan yang ada di  masyarakat, sehingga bisa meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Camat juga berpesan sebagai anggota BPD yang mempunyai tugas internal sebagai pengawasan dalam pemerintahan desa.

Dalam hal ini, pengawasan kepada pemerintah desa setiap tahun dimintai pertanggungjawaban. Tentunya dalam hal musyawarah, jangan mencampuri terlalu dalam untuk mencampuri urusan administrasi, karena anggota BPD dan pemerintah desa punya tupoksi masing masing.

BACA JUGA:Kopi Cap Bukit Jempol Lahat Mendapatkan Sertifikat Kesesuaian dari BSPJI Palembang

Lebih lanjut Camat juga berpesan agar antara  BPD dan pemerintah desa dapat bersinergi untuk menurunkan angka stunting terutama untuk Kecamatan Merapi Barat.

Karena penurunan angka stunting juga menjadi skala prioritas di Merapi Barat.

"Silahkan pemerintah desa dapat bekerjasama dengan perusahaan untuk membantu menurunkan angka stunting. Terutama membantu untuk meningkatkan gizi anak anak dan ibu hamil, sehingga diharapkan saran dan gagasan dari anggota BPD bersama dengan pemerintah desa untuk menurunkan angka stunting,” ungkapnya. (*)

Nama Nama Anggota BPD yang Dilantik :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: