Setiap Hari Wekeend Jualan Senjata Tajam Kuduk

Setiap Hari Wekeend Jualan Senjata Tajam Kuduk

Sandy (24) penjual senjata tajam kuduk di Pasar Jarai Kabupaten Lahat.-Foto : Sumantri/lahatpos-

LAHATPOS.CO, Jarai - Sandy (24) warga Gunung Gendang Kota Pagar Alam, yang setiap hari wekeend menjual senjata tajam khas Pagar Alam  yang disebut Kuduk, di Pasar Jarai Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat.

"Ya kami berjualan di Pasar Jarai hari sabtu dan minggu saja, sudah lebih dari satu tahun kami membuka lapak disini. Alhamdulillah dalam dua hari bisa meraup keuntungan," ujarnya, kemarin.

Lanjut Sandy, saat ini Kuduk Betelok yang banyak diminati oleh pembeli, meskipun terkadang kegunaannya hanya untuk dikoleksi saja.

Bicara soal harga, kata Sandy, ada yang sampai jutaan. Jika bahah baku merupakan bahan pilihan seperti perr wilis dan semacamnya, apalagi kalau ranggian (Sarung dan Gagang) juga merupakan kayu kelas, seperti entenam dan cemara, maka akan menjadi nilai tambah dalam penjualannya.

“Kalau yang kecil atau mini harganya kisaran dari Rp80-150ribu. Tetapi tetap bahan dan kualitas kayu menjadi alasan pembeli sanggup bayar mahal dan murah,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, ada pula pecinta Kuduk Betelok ini yang tidak membeli barang yang sudah jadi dan sudah dipajang oleh penjual, melainkan langsung datang ke pandai besi untuk mendapatkan hasil dan bentuk yang sesuai keinginan.

Mereka membawa bahan baku sendiri. Sehingga nanti hanya tinggal membuat sarung dan gagang saja. “Biasanya orang yang seperti ini adalah mereka yang hobby mengoleksi ataupun berniat menjual dengan harga tinggi,” tandasnya. (Why)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: