30 Ibu ibu Desa Gunung Agung Bentuk Pekarangan Pangan Lestari (P2L)

30 Ibu ibu Desa Gunung Agung Bentuk Pekarangan Pangan Lestari (P2L)

Sekitar 30 ibu ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Maju Bersama (KWT Maju Bersama) Desa Gunung Agung, mengelola kebun bersama untuk ketahanan pangan.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

MERAPI BARAT, LAHATPOS.CO - Sekitar 30 ibu ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Maju Bersama (KWT Maju Bersama) Desa Gunung Agung, mengelola kebun bersama untuk ketahanan pangan.


--

Pengelolaan kebun ini, didampingi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat melalui PPL Binaan Desa Gunung Agung kKecamatan Merapi Barat, Minggu 25 September 2022.

Ketua Kelompok Wanita Tani Maju Bersama Desa Gunung Agung, Diah Astuti menuturkan, bahwasanya "hari ini kami melibatkan ibu ibu kelompok tani sekitar 30 orang gelar tanam bersama kebun sayuran di Desa Gunung Agung yang didampingi PPL Kabupaten Lahat, melalui PPL Desa Binaan Gunung Agung  yaitu menanam sayuran di kebun bersama,” ujarnya.

"Untuk sayuran yang ditanam diantaranya bayam, kacang panjang, timun, tomat, cabai, pare, oyong/kisik. Alhamdulillah saat sudah berjalan satu bulan, mulai dari membuka lahan, penggemburan tanah, dan saat ini penyemaian bibit,” ucap Diah Astuti. 

Diah berharap, mudah mudahan kebun sayuran ini bisa berhasil, maju dan usaha kelompok wanita ini bisa sukses, dan bisa menciptakan ketahanan pangan di desa.  

“Jika berhasil nanti hasilnya bisa dimanfaatkan oleh ibu ibu anggota, bahkan bisa dijual dan hasilnya akan dibagikan kepada anggota kelompok wanita tani,” harapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat, Ramsi SIP MM melalui PPL Binaan Desa Gunung Agung Kecamatan  Merapi Barat, Yudi Paryansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan P2L (Pekarangan Pangan Lestari,) yang merupakan kegiatan dari Dinas Ketahanan Pangan   Kabupaten Lahat.  

Dan, hari ini PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) mendampingi kegiatan ibu ibu Kelompok Wanita Tani Maju Bersama Desa Gunung Agung untuk kelola kebun bersama.

Tujuan dalam mengelola kebun ini yaitu, memaksimalkan pemanfaatan pekarangan di rumah yang diharapkan dengan pemanfaatan pekarangan ini ibu ibu, diharapkan tidak beli lagi untuk kebutuhan sehari-hari, dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangganya sendiri. 

Di samping mengelola pekarangan yang ada di rumah.

Ada juga kebun bersama yang dikelola oleh ibu ibu Kelompok Wanita Tani Desa Gunung Agung saat ini.

Sehingga Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat menyalurkan bantuan alat alat pertanian yang diterima oleh Kelompok Wanita Tani Maju Bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: