Conten Writer
GP ANSOR

Muara Enim akan Alokasikan Dana APBD Rp 19 Miliar untuk Bantuan Sosial

Muara Enim akan Alokasikan Dana APBD Rp 19 Miliar untuk Bantuan Sosial

Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH-Foto : dok/lahatpos.co-

MUARA ENIM, LAHATPOS.CO – Pemkab Muara Enim akan alokasikan anggaran sebesar 2 persen. Dana anggaran itu untuk bantuan sosial kepada masyarakat Muara Enim.

Estimasi anggaran 2 persen itu sekitar Rp 19 miliar.

Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengintruksikan para kepala daerah menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk menahan laju inflasi akibat penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

Aturan ini mewajibkan pemerintah daerah (Pemda) untuk menyalurkan 2 persen dari Dana Transfer Umum (DTU) untuk bantuan sosial. 

Hal itu disikapi dengan cepat dan mendapat dukungan dengan segera melakukan rapat dan pembahasan mengenai upaya penahanan laju inflasi tersebut.

Terkait permasalahan inflasi tersebut, Riswandar mengatakan, pemerintah daerah melalui surat Menteri Dalam Negeri, untuk segera mengalokasikan anggaran sebesar 2 persen dari anggaran yang tersisa.

Hal ini sudah dirapatkan dan dibahas bersama OPD terkait, seperti Dinsos, Koperasi dan OPD lainnya ada kurang lebih 6 OPD untuk penyaluran dana tersebut.

Secara estimasi sekitar Rp19 miliar, sasarannya untuk seluruh masyarakat. 

“Yang sudah mendapatkan bantuan tunai tiap bulan itu tidak lagi mendapatkan bantuan ini (tidak boleh dapat 2 kali) besaran nominalnya nanti tergantung tiap-tiap OPD,” jelasnya, Senin (19/9).

Dikatakan Riswandar, untuk realisasinya nanti setelah ada keputusan. 

“Sudah dirapatkan sejak dua minggu yang lalu, bahkan sudah dua kali ada pertemuan. Kalau sudah ketok palu secepatnya segera di realisasi,” terangnya. (*)

 

Sumber: