Conten Writer
GP ANSOR

Tanah Jembatan Penghubung Dua Dusun di Desa Lubuk Selo Tergerus

Tanah Jembatan Penghubung Dua Dusun di Desa Lubuk Selo Tergerus

Tanah yang ada dibawah jembatan penghubung dusun 1 dan 2, Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu longsor, Foto -Novriyanto- Lahatpos.co--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Tingginya curah hujan yang terjadi di sebagian besar Bumi Seganti Setungguan, Senin malam (5/9/2022), sekitar pukul 21.00 wib hingga Selasa pagi (6/9/2022), sekitar pukul 08.00 wib, membuat tanah dibawah jembatan penghubung Dusun 1 dan 2, Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat tergerus, dan terancam akan amblas.

"Ini akibat hujan deras yang turun semalaman, sehingga ketika hujan reda, ada laporan masyarakat desa, yang menyebutkan tanah di bawah jembatan longsor untuk kejadiannya sendiri sekitar pukul 09.00 wib," kata Kepala Desa (Kades) Lubuk Selo, Ahmad Yaumal.

Ahmad Yaumal menerangkan, hingga kini warga terus berjaga-jaga ditempat kejadian, agar pengendara roda dua dan empat ketika melintasi bangunan 1992 tersebut lebih berhati-hati, dikhawatirkan jembatan akan amblas dan penduduk mesti memutar ke akses jalan lain.

"Ini merupakan akses paling cepat, makanya sampai malam ini, penduduk terus berpatroli sementara, kendaraan lewat mesti satu persatu atau memilih memutar jalan, yang jarak tempuhnya lumayan jauh," jelas Ahmad Yaumal.

BACA JUGA:Erlambang Lantik Rinal Gustian Jadi Anggota BPD Pulau Pinang

Ahmad Yaumal mengemukakan, pemerintah desa (Pemdes) akan segera melaporkan kejadian ini kepada pihak kecamatan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, agar segera diambil tindakan cepat, ditakutkan kalau dibiarkan lama kelamaan akan amblas.

"Bisa amblas ini, sebab bangunan ini dikerjakan sudah lama sekali, untuk itu, kami meminta kepada instansi terkait segera turun ke lapangan dan mengecek langsung, sebab masyarakat bergantung sekali terhadap akses jalan ini, untuk sekolah, membawa hasil kebun, dan aktifitas lainnya," pintanya. 

Sumber: