Partai Gelora HUT RI
PKB LAHAT HUT RI KE 77
HUT RI KE 77 DARI DPC PARTAI DEMOKRAT LAHAT
SRI MARHAENI HUT RI
BARMAWI HUT RI KE 77
Ucapan HUT RI ke 77 dari PT PAMA
Baner Lomba Video Kreatif
GP ANSOR

Xiao Hao Resmi Jadi Maskot Kejuaraan

Xiao Hao Resmi Jadi Maskot Kejuaraan

Xiao Hao resmi diluncurkan sebagai maskot Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden 2022 di rumah dinas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum PB Wushu Indonesia. -Foto: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

NAMANYA adalah Xiao Hao (小豪). Bisa diterjemahkan sebagai Mutiara Kecil. Juga bisa berarti Little Hero. Pahlawan Kecil. Sabtu, 6 Agustus 2022, Xiao Hao resmi diluncurkan sebagai maskot Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden 2022.

Peluncuran itu dilakukan di rumah dinas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum PB Wushu Indonesia. Sejumlah pengurus PB Wushu Indonesia juga hadir. Termasuk Sekjen PB Wushu Indonesia Ngatino. Hadir pula Ketua Pengprov Wushu Jawa Timur Soedomo Mergonoto. 

Adalah founder Harian Disway Dahlan Iskan yang mengenalkan Xiao Hao tersebut. ’’Atlet wushu kita adalah mutiara-mutiara kecil. Yang berani,’’ ucap Dahlan.

Xiao Hao dirancang oleh Nathania Christiyanto, kepala desainer Harian Disway. Nia, sapaannya, meracik berbagai macam unsur dalam maskot itu. Xiao Hao digambarkan sebagai seorang anak imut yang memakai baju tanding wushu. Lambang atlet wushu.

BACA JUGA:Herman Deru Terbitkan Pergub Harga Sawit

Baju itu berwarna putih. Seperti mutiara. Ada ornamen biru yang menyerupai lidah api. Itulah simbolisasi blue fire, api biru yang ada di Gunung Ijen, Bondowoso. Itulah api yang ketika dilihat seolah tetap memancarkan rasa adem.

Unsur lain adalah ayam berkisar yang memang menjadi satwa maskot Jawa Timur. Tidak seperti maskot-maskot lain, Xiao Hao bukan seekor ayam. Bukan pula ayam berwujud manusia. Ia adalah anak yang sedang memakai topi berbentuk ayam berkisar.

Meski menggambarkan atlet bela diri, Xiao Hao tidak tampil sebagai sosok yang gahar dan sangar. Ia tetap sangat imut. ’’Menyenangkan,’’ kata Dahlan. Ide dasarnya, suasana kompetisi dalam pertandingan wushu tetap harus fun. Menggembirakan. Sebab, pada dasarnya para atlet itu bertanding untuk satu tujuan bersama: meraih prestasi.

Airlangga pun mengapresiasi maskot tersebut. ’’Bisa jadi merchandise,’’ kata lelaki yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut. (Doan Widhiandono)

Sumber: