Hindari Penyalahgunaan Senpi Dinas, Anggota Polres Lahat Jalani Tes Psikologi

Hindari Penyalahgunaan Senpi Dinas, Anggota Polres Lahat Jalani Tes Psikologi

LAHATPOS.CO, Lahat – Upaya menghindari penyalahgunaan pemakaian senpi (senjata api) dinas, maka anggota Polres Lahat mendapatkan pembekalan Konseling Psikologi dan tes psikologi. Hal ini sebagai syarat jika ingin pinjam pakai senpi (senjata api).

Kamis 28 Juli 2022, pukul 08.30 Wib, bertempat di ruang Aula Mapolres Lahat, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK, yang diwakili oleh Kabag Log Kompol Telebanua SH, telah menerima Team Psikologi Polda Sumsel yang dipimpin Iptu Rita. Dalam kegiatan pemberian pembekalan Konseling Psikologi, dan tes psikologi bagi anggota yang akan meminjam pakai senpi dinas.

Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH, mengatakan, pengarahan Kapolres lahat yang diwakili Kabag Log, bahwa persyaratan peminjam pakai senpi dinas harus lulus psikologi.

Peraturan tersebut berlaku untuk seluruh anggota dari pangkat Bharada sampai dengan Jenderal.

BACA JUGA:Akun @BuhaHtBalian Unggah Foto Pria Mirip Brigadir J Sedang Sedih

“Tidak mutlak bagi pemegang senpi dinas Polri yang lulus psikologi, namun masih ada syarat lain diantaranya adalah penilaian pimpinan terhadap perilaku anggota, bagi pemohon pinjam pakai senpi,” tegasnya.

Psikologi pinjam pakai senpi akan dilaksanakan setiap tahun. Bagi pemegang senpi dinas, dimana tidak lulus dalam pelaksanaan psikologi akan dicabut senpi dinas, dan akan melaksanakan psikologi kembali pada tahun depan.

Psikologi meliputi pengetahuan umum, kejiwaan, strumental, dan  stratemen, yang harus dikerjakan dan dinyatakan lulus oleh team psikologi Polda Sumsel.

BACA JUGA:Setelah Proses Autopsi, Pemakaman Jenazah Brigadir J Secara Kedinasan

“Diharapkan dengan adanya tes psikologi sebagai syarat mutlak bagi anggota pemegang sepi dinas, tidak ada pelanggaran atau penyalahgunaan senjata oleh anggota Polri,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: