Herman Deru Sentil Wakil Kepala Daerah

Herman Deru Sentil Wakil Kepala Daerah

LAHATPOS.CO, Pagar Alam - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH menyentil Wakil Kepala Daerah khususnya Kota Pagar Alam, untuk berperan aktif. Mengingat peranannya sebagai satuan tugas (Satgas) pencegahan stunting yang sekarang masih dinilai tinggi diatas 15 persen, sementara di Sumsel masih 24,8 persen.

Hal ini diungkapkan Herman Deru saat puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas), ke- 29 tingkat Sumsel, Rabu (27/7). Menurut gubernur, peran serta semua pihak, khususnya ibu-ibu PKK sangat penting untuk pencegahan dan penurunan angka stunting diberbagai daerah.

"Saya minta pemerintah daerah lebih memperhatikan anggaran untuk pencegahan dan penurunan angka stunting, karena hal ini sudah menjadi persoalan nasional dalam menanggulanginya," ujar gubernur.

Herman Deru, meminta agar pusat pelayanan terpadu (Posyandu) menjadi garda terdepan dalam pencegahan stunting diberbagai daerah. Mengingat kaum ibu lebih paham dalam melakukan tugas pembinaan terhadap keluarga untuk pencehahan persoalan tersebut.

BACA JUGA:Ibu Brigadir J Tagih Janji Istri Ferdy Sambo

"Saya minta Bupati/Wali Kota memprioritaskan anggaran untuk membantu Posyandu, dalam menjalankan program pengendalian stunting yang cenderung masih tinggi," terangnya.

Herman Deru juga mengatakan, program pembinaan keluarga memang harus menjadi prioritas. Mulai dari tingkat terkecil dan menyeluruh hingga ke pelosok desa.

"Tentunya tugas ini yang tepat dilakukan melalui kegiatan Posyandu, yang semuanya dilakukan kaum ibu-ibu, dibawah binaan PKK yang merupakan isteri kepala daerah," ucapnya.

Kemudian, kata dia, perlu menjadi perhatian pemerintah pusat melalui BKKBN untuk mencarikan istilah baru yang mudah populer di tengah masyarakat pedesaan, pengganti stunting agar mereka juga bisa ikut serta dan berperan aktif dalam penaggulangan stunting.

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru Lantik 1748 PPPK Guru Tahap II

Sementara Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni SH didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kota Pagar Alam, Paber Napitupulu AP MSi mengungkapkan, sebuah kebanggaan bagi Pemerintah Kota Pagar Alam, ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Harganas, yang dihadiri kabupaten/kota di Sumsel.

 "Kita ditunjuk menjadi tuan rumah Harganas, mengingat Kota Pagar Alam merupakan daerah terendah angka stunting sekitar 15,5 persen dari jumlah penduduk 150 ribu, tapi ini akan kita upayakan penurunan hingga mencapai angka nol persen," terang Alpian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: