Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M (6) : Melaksanakan Umroh Wajib

Serba Serbi Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M (6) : Melaksanakan Umroh Wajib

LAHATPOS.CO, Makkah - Semua jemaah sibuk dengan cara masing-masing; minum air kopi, air teh, makan kurmo dan snack ringan lainnya, untuk menambah nutrisi sebagai bekal tenaga merampungkan umroh wajib yang niatanya sudah dilafazkan bersamaan dengan bergeraknya Bus menuju hotel.

Sebelum keluar dari kamar masing-masing, jemaah diingatkan untuk merapikan kain ihromnya dan berwudhu' sebagai syarat sahnya thawaf. Setelah semuanya berada dalam Bus, tepat pukul  03.15 WAS, barulah bergerak menuju Masjidil Harom.

Sampai di depan pintu Masjid Harom, jemaah dibimbing berdo'a  "Allahumma antassalam  waminkassalam  wailaika ya'udussalam fahayyina Robbana bissalam, wa adkhilnal jannata darossalam, tabarokta Robbana wata 'alaita ya zal jalali wal ikrom, Allahumaftahli abwaba rohmatik"

Selanjutnya, memandang bangunan ka'bah seraya berdo'a  "Allahumma zidhazalbaita tasyrifan wata'zhiman, watakriman, wamahabatan, wazidman syarrofahu, wa'azhomahu, wakarromahu, mimman hajjahu, awi'tamarohu, tasyrifan, wata'zhiman, watakriman, wabirron, ya arhamar rohimin, walhamdu lillahi robbil 'alamin".

Sesuai kondisi yang ada, jemaah bergerak menuju rukun hajar aswad, mengangkat tangan dan berucap "Bismillaahi Allaahu Akbar". Terus mengecup telapak tangan.  Lanjut putaran pertama dengan membaca "Subhanallah walhamdu lillah, wala ilaha illallahu wallahu akbar, wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim" ... 

Ketika disudut rukun Yamani, dibimbing mengangkat tangan kearahnya seraya berucap "Bismillahi Allahu Akbar", lanjut dengan membaca do'a "Robbana atina fiddun ya hasanah wafil akhiroti hasanah  waqina 'azaban nar"  ... sampai tujuh putaran.

Jemaah yang sudah selesai tawaf, dibimbing berdo'a dan shalat sunnat thawaf di belakang maqom Ibrohim ... Selanjutnya diajak minum air zam-zam.

Setelah semuanya kumpul, kemudian bergerak menuju mas'a untuk melakukan perjalanan dari Bukit Shafa ke Marwa dan sebaliknya dari Marwa ke Shafa, dan berakhir di Bukit Marwa, dan dibimbing membaca do'a setelah selai sa'i, lanjut dengan tahallul.

“Alhamdulillah semua jemaah menjadi makmum shalat shubuh di Masjidil Harom,” ujar Karom 8 PLM, HM Gandil.

Semua jemaah bisa melaksanakannya dengan tertib, sesuai dengan tuntunan manasik yang berulang kali disimulasikan dalam kegiatan bimbingan manasik haji sepanjang tahun.

Setelah tiba di hotel, maka jemaah berganti pakaian seperti biasa, dan terbebas dari  larangan-larangan ihrom dan terus beristirahat. (Bersambung…)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: