Tambah Wawasan dan Happy Wartawan

Tambah Wawasan dan Happy Wartawan

LAHATPOS.CO, Lampung- Media Ghatering SKK Migas Perwakilan Sumbagsel – KKKS Wilayah Sumsel, bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022, sangat membantu menambah wawasan dan happy (bahagia, red) wartawan Sumatera Selatan.

Media ghatering kali ini, memilih lokasi di Lampung pada 19-21 Juli 2022. Hadir langsung Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Anggono Mahendrawan, CEO Pikiran Rakyat Media Network – Promedia Teknologi Indonesia, Agus Sulistriyono, Ketua FJM Sumsel Oktaf Riady, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, Perwakilan KKKS Wilayah Sumsel, Anggota FJM Sumsel, Tim Humas SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel.

Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Anggono Mahendrawan mengungkapkan sangat terbantu keberadaan FJM Sumsel, aktif memberitakan kegiatan hulu migas. Beberapa tulisan rekan-rekan wartawan, mendapat perhatian khusus dari pimpinan negara. Khususnya, terkait pemberitaan illegal drilling.

“Melalui pemberitaan rekan rekan wartawan, akhirnya mendorong pihak-pihak berwenang untuk melakukan koordinasi lebih lanjut, guna mencari solusi yang tepat atas permasalahan ini. Termasuk mengenai kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dilingkungan hulu migas, seperti vandalisme, penerobosan yang melanggar hukum oleh masyarakat di lingkungan KKKS. Gejolak sosial yang sering kali terjadi di daerah, terhadap kegiatan operasional hulu migas. Berkat peran media, akhirnya memberikan ruang untuk kami dapat menyampaikan duduk permasalahan yang jelas dan benar kepada masyarakat,” terang Anggono, di acara Media Ghatering SKK Migas Sumbagsel – KKKS Wilayah Sumsel bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022, di Ballroom Hotel Golden Tulip Springhill Lampung, Selasa (19/07/2022).

BACA JUGA:Kekasih Brigadir J Diperiksa Bareskrim Polri di Polda Jambi, Ada Bukti Baru?

Menurut Anggono, FJM Sumsel, wadah komunikasi yang sangat efektif, untuk penyampaian informasi yang terbuka dan massif, mengenai kontribusi hulu migas yang dilakukan oleh KKKS  di wilayah operasinya, dengan tetap memperhatikan sinergi dan kolaborasi yang baik bersama masyarakat dan pemerintah daerah. Masyarakat sendiri, terdiri dari multidimensi pendidikan, budaya dan agama, sehingga KKKS mendapatkan dukungan kelancaran operasinya.

“Rekan-rekan sekalian juga aktif memberikan kesempatan kepada kami, untuk penyampaian informasi yang kuat. Terkait upaya-upaya untuk keikutsertaan masyarakat dan pelaku usaha lokal, sehingga dapat tumbuh kembang bersama KKKS. Hal ini semua, semakin memperkokoh sendi-sendi hadirnya hulu migas yang banyak memberikan manfaat, selain ketahanan energi, hingga pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasi,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Anggono, media gathering ini diadakan, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi, dan menghangatkan hubungan yang telah terjalin dengan sangat baik diantara SKK Migas, KKKS, dan FJM Sumsel.

Anggono juga berharap, dengan adanya kegiatan semacam ini, dapat membantu rekan-rekan wartawan, dalam melepas penat setelah bekerja dengan sangat keras, mengumpulkan dan menyebarkan informasi-informasi bermanfaat kepada masyarakat.

BACA JUGA:Lokasi Tes PCR Irjen Ferdy Sambo Bisa Terjawab, Mantan Kabareskrim Susno Duadji: Itu Bisa Ketahuan

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas peran rekan rekan wartawan, dalam membantu mensosialisasikan kegiatan hulu migas di lapangan. Kami sangat berharap tercipta sinergisitas kerja antara hulu migas dan rekan-rekan sekalian yang dapat memberikan nilai manfaat bagi bangsa dan negara ini,” terangnya.

Lomba Media Kompetisi Tahun 2022

Selain itu, SKK Migas Perwakilan Sumbagsel – KKKS Wilayah Sumbagsel, kembali melaksanakan kegiatan media kompetisi tahun 2022 bagi rekan- rekan jurnalis sekalian baik yang terhimpun di FJM Sumsel maupun Jambi.

Media kompetisi  tahun ini memunculkan beberapa ide tema dari SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel, diantaranya sebagai berikut, Efek Berganda Hulu Migas, Dukungan Masyarakat Terhadap Hulu Migas, Hulu Migas Dalam Komitmen Menjaga Ketahanan Energi Nasional dengan gerakan Masif Agresif dan Efisien, dan Bersama Hulu Migas Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Media kompetisi tahun ini mengangkat tema “Sinergitas Pers, SKK Migas, dan KKKS Dalam Mendukung Efek Berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat”.

“Kami persilahkan rekan-rekan jurnalis, untuk dapat mengirimkan hasil karya jurnalistik mulai tanggal 19 Juli 2022, dan akan ditutup pada tanggal 19 Agustus 2022 mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA:VR Pacar Brigadir J Diperiksa di Polda Jambi Lalu Putri Chandrawati Istri Irjen Pol Ferdy Sambo Kapan?

Sementara, Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel, bersama FJM Sumsel, kembali menggelar media ghatering dan media kompetisi tahun 2022. Seperti diketahui, sejak pandemi Covid-19, kegiatan ini tidak bisa dilakukan. Namun, baru tahun ini kembali dimulai, seiring terjadi penurunan kasus Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel telah menggelar kegiatan ini, bersama FJM Sumsel. Kami harapkan, sinergisitas ini terus berjalan, dan hubungan SKK Migas, KKKS bersama jurnalis selalu terjalin erat,” ucapnya.

Senada disampaikan Ketua FJM Sumsel Oktaf Riady, mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel yang begitu banyak perhatian kepada jurnalis di Sumatera Selatan dan Jambi.

“Kegiatan ini bentuk perhatian SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel kepada jurnalis yang tergabung di FJM Sumsel. Selain itu, ada juga UKW (uji kompetensi wartawan) selalu didukung SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel bersama PWI Sumsel. Kita harapkan sinergisitas ini terus berlanjut,  selama ada SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel,” harapnya.

BACA JUGA:Lomba dan Pameran Burung Dibuka

Terpisah, Koordinator EO Searah, Andhika Rahmat Kusuma, didampingi Staf Humas SKK Migas, Tania mengungkapkan, peserta media ghatering diikuti sekitar 80 peserta. Terdiri dari utusan wartawan media online, cetak, radio, dan televisi yang bertugas di Provinsi Sumatera Selatan. Ditambah rekan rekan tim Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel dan KKKS Wilayah Sumsel. Kali ini, menghadirkan CEO Pikiran Rakyat Media Network – Promedia Teknologi Indonesia, Agus Sulistriyono sebagai narasumber.

“Paparan narasumber Agus Sulistriyono mengangkat tentang Kemandirian Ekonomi Media. Melalui tema ini kita harapkan menambah wawasan kepada anggota FJM Sumsel cara membangun kemandirian ekonomi media,” ujarnya.

Media ghatering juga mengajak anggota FJM Sumsel bersama SKK Migas-KKKS jalan jalan menikmati keindahan alam Pahawang. Peserta media ghatering mengikuti outbound dan fun games di Pulau Kelapa 60. Pulau ini dinamakan Kelapa 60, karena jumlah pohon kelapa yang tumbuh sebanyak 60 batang. 

“Peserta kita ajak lomba memecahkan balon, mengisi pipa bocor dengan air, lomba joget balon, lomba memindahkan karet gelang, dan banana boat,” ujarnya.

BACA JUGA:Temukan Hotspot, Babinsa Berjibaku Padamkan Api

Kemudian, makan siang di Dusun 5 Pahawang. Ternyata, Pahawang itu sebuah desa, bukan nama objek wisata yang selama ini dikira banyak orang. Desa Pahawang adalah pulau yang berada di pinggir laut. Mayoritas penduduknya berbahasa Sunda dan Jawa. 

Tidak sampai di situ, kebahagiaan wartawan semakin bertambah diajak melakukan snorkeling. Peserta tidak bisa berenang pun, bisa juga snorkeling. Asal menggunakan peralatan seperti baju pelampung dan kacamata renang. Dengan snorkeling, peserta dapat menyelam, menyaksikan ikan, batu karang, maupun habitat yang ada di dalam laut. Panitia juga mengajak peserta berfoto, sambil menyelam di dasar laut. Ada spot tulisan Selamat Datang di Pahawang, ikan dan batu karang.

Kegiatan lainnya, adalah paparan refreshment Kegiatan Hulu Migas di Sumsel oleh Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Andi Arie, malam keakraban, pengumuman media kompetisi, dan mengunjungi tempat oleh oleh khas Lampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: