Hasil Musdes Tinggi Hari, Warga Usulkan JUT dan SPAL

Hasil Musdes Tinggi Hari, Warga Usulkan JUT dan SPAL

LAHAT, LAHATPOS.CO - Musyawarah Desa (Musdes) dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran (TA) 2023, dihasilkan jalan usaha tani (JUT) lebih kurang 500 meter dan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dipemukiman penduduk sepanjang 100 meter.

Kepala Desa (Kades) Tinggi Hari, Idi Cahyadi membenarkan, ada dua item usulan dari masyarakat untuk dilakukan pembangunan pada 2023.

"Untuk JUT memang itu merupakan hasil kesepakatan pada RKPDes 2022, akan tetapi, diusulkan kembali mengingat pentingnya akses tersebut dalam meningkatkan ekonomi rakyat," jelasnya, Senin (18/7/2022).

Selain itu, sambung dia, untuk SPAL berdasarkan keterangan dari warga, bahwasanya ada rumah yang terendam apabila air tidak dibuang.

BACA JUGA:Kodim 0405/Lahat Optimalkan Lahan 5,5 Ha Ditanam Jagung

"Pendek kata, disamping tergenang, mengakibatkan tanah menjadi becek. Dan ini semua akan dibahas lebih lanjut, untuk menetapkan skala prioritas mengingat besaran anggaran terbatas," pungkas Idi Cahyadi.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tinggi Hari, Ari Tanda didampingi Wakil Ketua, Iwan Setiawan mengatakan, pada Musdes RKPDes TA 2023, ada dua masukan dari warga yang menginginkan adanya JUT dan SPAL.

"Keduanya sama penting, tetapi, akan kita bahas kembali secara bersama, yang mana dahulu untuk dikerjakan," bebernya.

Senada, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM menyebutkan, kalaupun dana desa (DD) terbatas, bisa melalui aspirasi Dewan, untuk membantu pembangunan yang diperlukan masyarakat.

"Kalau kita bergantung pada DD, pastinya tidak akan mencukupi, tetapi, apabila ditambah dari aspirasi dewan, hal ini begitu membantu sekali, oleh karena itulah, kepada Pemerintah Desa (Pemdes) dan BPD dapat memanfaatkan peluang terbuka lebar," tandasnya. (BERNAT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: