Ada Keinginan Mencari Jejak Orang Pertama Menyebarkan Agama Islam di Kabupaten Lahat

Ada Keinginan Mencari Jejak Orang Pertama Menyebarkan Agama Islam di Kabupaten Lahat

LAHATPOS.CO, Lahat – Ada keinginan dari Kiyai Abdul Hamid, ingin mencari jejak, siapa orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Kabupaten Lahat. Hal ini diungkapkannya, saat bersilaturahmi di kediaman H Nasrun Aswari SE MM, Mantan Sekda Lahat, di Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Lahat, Jumat (15/07/2022). Hadir mendampingi, Kades Tanjung Payang Sapri, Ketua MWC NU Lahat Selatan Ridiansyah SAg dan Sekretaris, Zohorliansyah.

Kiyai Abdul Hamid menuturkan, salah satu upaya yang ia lakukan, adalah melakukan sholat istikharah setiap malam. Selesai sholat, dilanjutkan membaca salawat Nabi Muhammad SAW sebanyak 1.000 kali.

Hari ketujuh, ia mendapatkan mimpi, ada petunjuknya, mengarah ke pohon besar, Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

“Maksud saya menelusuri orang pertama menyebarkan agama Islam di Kabupaten Lahat, supaya generasi saat ini, bisa mengingat sejarah. Bisa berziarah, menghormati ulama ulama terdahulu, begitu hebatnya orang terdahlu, dapat menyebarkan agama Islam, hingga berkembang saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Konsisten Dorong Perkembangan Ekonomi Syariah di Sumsel

Lanjut Abdul Hamid, bahwa ulama ulama terdahulu, mungkin saja, murid muridnya para wali, yang sengaja mendapatkan amanat menyebarkan agama Islam ke seluruh pelosok negeri.

“Kesulitan kita saat ini, tidak tahu nama nama asli para ulama terdahulu. Karena sebagian besar mereka dikenal dengan nama panggilan saja. Mungkin saat itu, pamali, kalau menyebutkan nama langsung ulama terdahulu, atau murid tidak berani memanggil nama langsung sang kiyai,” ucapnya.

 

Yai Abdul Hamid adalah Wakil Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lahat. Pimpinan Pondok Pesantren Fathul Ulum Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat. Bukan hanya itu, Yai Abdul Hamid juga seorang ahli ilmu falakiyah, dan hafiz kitab kuning.

Keinginan Yai Abdul Hamid, mendapatkan dukungan dari H Nasrun Aswari. Dari penelusuran ini, diharapkan Lahat memiliki lokasi wisata sejarah orang pertama yang membawa agama Islam.

Di Tanjung Payang sendiri, ada pemakaman Puyang Bejanggut, salah satu ulama juga. Bahkan, H Nasrun Aswari sendiri, termasuk keturunan ketujuh, dari Puyang Bejanggut. Sayangnya, silsilah ini tidak dituliskan dalam bentuk buku. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: