Sulit Sinyal, Perangkat Kerja di Kecamatan Gumay Ulu Pada Malam Hari

Sulit Sinyal, Perangkat Kerja di Kecamatan Gumay Ulu Pada Malam Hari

LAHAT, LAHATPOS.CO - Blank Spot (Tidak ada sinyal internet, red) menjadi salah satu kendala beberapa desa di Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat terutama bagi operator dan bendahara desa, untuk memasukkan data laporan sistem keuangan desa (Siskuedes) melalui aplikasi.

Kepala Desa (Kades) Sumber Karya, Loniansyah membenarkan, tidak adanya jaringan internet inilah, selalu menyulitkan operator dan bendahara memasukkan data-data secara online.

"Betul, terkadang pada titik tertentu saja, mereka bekerja pada tengah malam, apalagi saat ini Siskuesdes sudah online, sehingga mau tidak mau harus dikerjakan," terangnya, Kamis (14/7/2022).

Bahkan, sambung dia, Pemerintah Desa (Pemdes) telah memanggil salah satu provider untuk mencari jaringan internet, akan tetapi tidak bisa diketemukan.

BACA JUGA:Sudah 3 Polsek Terobosan Kapolres Lahat Bangun Musala

BACA JUGA:Raflesia Arnoldi Ditemukan Suaka Margasatwa Isau-isau

"Sudah kita panggil provider akan tetapi, hasilnya juga nihil, makanya laporan sedikit terlambat," tegas Loniansyah.

Senada, Kades Lubuk Selo, Ahmad Yaumal menerangkan, petugas operator meski ke desa tetangga yang memiliki tower seluler, untuk memasukkan laporan Siskuesdes secara online.

"Selain melalui aplikasi, kami juga membuat salinan copy-nya, apabila dibutuhkan maka, tinggal diserahkan saja," bebernya.

Sementara itu, Camat Gumay Ulu, Tarmidi SSos MM mengatakan, kendatipun dalam penyampaian Siskuedes mengalami gangguan jaringan internet, yang pasti mereka harus mempersiapkan salinannya.

"Memang, setelah dicross check ke lapangan, banyak desa yang memang blank spot, walaupun begitu, tidak hanya dilaporkan secara online saja, melainkan salinan harus dicantumkan," pungkasnya. (BERNAT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: