Pemda Lahat

Wujudkan Food Estate, Kurniawan Bersama Rimba Tanam Jagung

Wujudkan Food Estate, Kurniawan Bersama Rimba Tanam Jagung

LAHATPOS.CO, Muara Enim - Guna meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Muara Enim serta mendukung Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate “Lumbung Pangan” Sumsel, Kodim 0404 Muara Enim bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muara Enim, lakukan pengalihan lahan tani di Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Tanjung Agung menjadi tanaman jagung serbuan teritorial, Selasa (12/7).

Kegiatan penanaman jagung tersebut di hadiri langsung Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi disambut  Dandim 0404 Muara Enim Letkol inf Rimba Anwar. Selain itu, turut hadir juga OPD terkait, Camat, Lurah, Kapolsek Tanjung Agung dan stake holder.

Dandim 0404 Muara Enim Letkol inf Rimba Anwar mengatakan, bahwasanya penanaman jagung ini merupakan wujud nyata TNI Angkatan Darat untuk membantu bagaimana meningkatkan ketahanan pangan yang ada didaerah denfna mendorong para petani menanam tanaman palawija seperti jagung, ubi, talas dan sebagainya.

Dirinya juga menuturkan, dalam rangka membantu program ketahanan pangan Kodim 0404 memberikan lahan seluas 52 Hektar yang tersebar di 22 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim, yang mana rencannya akan ditanami dengan tanaman palawija.

BACA JUGA:Kejari Muara Enim Musnahkan Barang Bukti Senilai Rp300 Juta

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, menyampaikan untuk memaknai kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, khususnya Korem 044 Garuda Dempo melalui Kodim 0404 Muara Enim dalam mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di Kabupaten Muara Enim, seiring dengan program Gubernur Sumatera Selatan yang mencanangkan “Sumsel Mandiri Pangan” khususnya pengembangan komoditas jagung seluas 200.000 hektar di Provinsi Sumatera Selatan dan Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate Lumbung Pangan Provinsi Sumatera Selatan.

“Semoga kedepan melalui kegiatan ini akan menginisiasi semakin banyak pengembangan lahan yang serupa, terutama di lahan-lahan tidur yang belum produktif untuk dialih fungsikan menjadi lahan palawija,”harapnya.

Pj Bupati Muara Enim juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai petani untuk menggalakkan kembali pengalihan lahan yang belum produktif untuk dijadikan media tanam palawija guna mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Muara Enim.(ozi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: