Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat dan Kapolres Lahat Resmikan RLH di Desa Tanjung Payang

Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat dan Kapolres Lahat Resmikan RLH di Desa Tanjung Payang

LAHATPOS.CO, Lahat – Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lahat memberikan apresiasi kepada Kades Tanjung Payang. Karena telah menyelesaikan pembangunan bedah rumah/Rumah Layak Huni (RLH) program Lahat Peduli, dan dilakukan peresmian.

Ketua Umum Baznas Kabupaten Lahat KH Hamdi Arsal mengungkapkan, pembangunan rumah layak huni di Tanjung Payang, agak berbeda, dari tempat yang lain. Mengapa berbeda, MoU pengerjaan rumah ini dikerjakan selama 2 bulan. Ternyata, dalam tempo 10 hari, pembangunan rumah layak huni sudah selesai dikerjakan.


Sambutan Ketua Umum Baznas Kabupaten Lahat KH Hamdi Arsal--

Kemudian, proses pengerjaan semestinya satu minggu, setelah uang diterima, atau dari Baznas ke Desa Tanjung Payang. Namun, ini sudah dikerjakan. “Alhamdulillah, hari ini (Rabu), rumah layak huni langsung diresmikan,” ujar Hamdi Arsal, saat menyampaikan sambutan pada acara peresmian pembangunan layak huni (RLH) Program Lahat Peduli Baznas Kabupaten Lahat Tahun 2022, bekerja sama dengan Kapolres Lahat dan Pemerintah Desa Tanjung Payang, Rabu (06/07/2022).


Sambutan Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK--

Hamdi Arsal, hadir didampingi Wakil Ketua I KH M Nashir Syakni, Wakil Ketua 2 KH Rusli Mansur, Wakil Ketua 3 KH Khaidir Rusmi, Wakil Ketua 4 H Hasnul Basri, dan Sekretaris Ruspawan. Hadir juga, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK dan istri, Waka Polres Lahat dan istri, Camat Lahat Selatan, tokoh masyarakat H Nasrun Aswari SE MM, Kades Tanjung Payang, dan BPD.


Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat bersama mantan Sekda Lahat H Nasrun Aswari SE MM.--

Lebih jauh Hamdi Arsal menjelaskan, tahun 2022 ini, dari 24 kecamatan, sebanyak 9 rumah mendapatkan program Rumah Layak Huni (RLH) Program Lahat Peduli Baznas Kabupaten Lahat. Namun, satu kecamatan dari Merapi Timur mengembalikan program ini karena tidak sanggup. “Jadi ada 8 rumah yang akan kita realisasikan,” ujarnya.

Hamdi mengatakan, program ini terlaksana, atas dukungan penuh dari Bupati Lahat. Oleh karena itu, Baznas mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lahat. Kemudian, dana program ini bersumber dari zakat dan infaq dari ASN Kabupaten Lahat. Dana yang masuk baru sekitar 32 persen dari jumlah 9.000 ASN Kabupaten Lahat. Belum sampai 50 persen. Hamdi juga mangajak, Kapolres Lahat bersama jajarannya, melakukan zakat maupun infaq melalui Baznas Kabupaten Lahat.

Hamdi juga mengucapkan terima kasih kepada H Nasrun Aswari SE MM, yang juga hadir di acara peresmian RLH. Hamdi mengenang, peran Nasrun Aswari semasa menjadi Sekda Lahat sangat besar dalam pembentukan Baznas Kabupaten Lahat. Dari mulai kantor, peralatan kantor, sampai kepada anggaran. Sehingga Baznas Lahat menjadi yang terbaik se Sumsel.

Nah, kepada Arniati, penerima RLH, Hamdi berpesan, al baiti jannati, rumahku, surgaku. Jadikan rumah ini sebagai tempat berteduh, dikala hujan, dan panas. Tempat berzikir kepada Allah SWT.

Sementara itu, Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK menyampaikan, mumpung masih hidup, maka terus berkarya. Apapun bisa, dilakukan, asal mau. Tidak ada yang tidak bisa, kalau mau.

“Kita semua sangat berbahagia hari ini, bisa bersama sama melakukan peresmian rumah ini. Dan, selamat kepada Ibu Arniati telah mendapatkan rumah ini,” ucapnya.

Camat Lahat Selatan Isna Abi Darda BA mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Lahat dan Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK. Ini adalah rumah, yang kedua, program bedah rumah di Tanjung Payang. Bedah rumah pertama dizaman Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK di Mayan Serumpun milik Doniati. Full dibantu Polres Lahat. Dan, kali ini bedah rumah yang kedua, program kerja sama antara Baznas Lahat, Kapolres Lahat, dan Pemdes Tanjung Payang.

“Pembangunan RLH, merupakan wujud dan pengabdian dari Bapak Kapolres Lahat dan Baznas Lahat. Kami mendoakan, semua pihak yang ikutserta berperan dalam pembangunan rumah ini, akan mendapatkan amal ibadah di hari akhir kelak,” ucapnya.

Sambutan Kepala Desa Tanjung Payang, Sapri menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Lahat dan Baznas Kabupaten Lahat, telah memberikan bantuan program bedah rumah di Desa Tanjung Payang. Ia berharap, keberadaan rumah ini akan bermanfaat bagi ibu Arniati.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Tanjung Payang mengucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres Lahat beserta jajarannya. Terima kasih kepada Pimpinan Baznas Lahat beserta jajarannya, yang telah mewujudkan pembangunan bedah rumah ini. Kami harapkan, semoga kerja sama ini terus berlanjut kedepannya,” harapnya. (dian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: