Pemda Lahat

Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 10 Juli 2022

Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 10 Juli 2022

PALEMBANG, LAHATPOS.CO - Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022. Penetapan ini merujuk pada hasil sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi di Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (29/6).

"Secara umum, posisi hilal di Indonesia belum memenuhi kriteria baru MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), sehingga berdasarkan hasil sidang isbat, 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dalam konferensi pers, di kantor Kementerian Agama, Rabu (29/6).

“Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022,” sambung Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara daring tersebut.

BACA JUGA:PT MAS Buka Lowongan Kerja

Abdullah mengajak semua masyarakat Indonesia untuk memperbanyak amalan dengan bersedekah, zikir, tasbih dan lain sebagainya.

“Mari kita gelorakan semangat Hari Raya Idul Adha dengan memperbanyak amalan dan sedekah. Saudara-saudara kita yang kekurangan membutuhkan uluran tangan kita,” kata Abdullah Jaidi.

Penetapan Idul Adha pemerintah ini berbeda dengan Muhammadyah yang menetapkan Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022. Terkait dengan perbedaan tersebut, Abdullah mengajak semua umat muslim untuk saling menghormati dan tidak menjadikan perbedaan tersebut sebagai hal yang perlu diperdebatkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.disway.id