200 RTLH Bedah Rumah dari Dinas Perkim

200 RTLH Bedah Rumah dari Dinas Perkim

LAHAT, LAHATPOS.CO - Tahun ini, kalau tidak ada aral melintang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lahat, akan melakukan pengerjaan bedah rumah sebanyak 200 rumah tidak layak huni (RTLH).

Demikian diutarakan, Kepala Dinas Perkim Lahat, Limra Naufan ST MT. Menurutnya, ke 200 RTLH tersebut terletak di Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai.

"Betul, ada di dua kecamatan, pada 2022 ini akan dilaksanakan bedah rumah sehingga masyarakat benar-benar sehat dari segi lingkungan dan sanitasi," ungkapnya, Senin (27/6/2022).

Sebenarnya, sambung dia, usulan yang masuk sekitar ribuan RTLH tersebar di 24 kecamatan akan direhab, hanya saja, menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

"Kemungkinan usulan-usulan dari desa lain, akan diakomodir pada tahun berikutnya, sehingga tidak ada lagi penduduk tinggal beratapkan seng buruk, dinding kayu dan lantai tanah," terang Limra Naufan.

Limra berharap, penduduk yang mendapatkan program bedah rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, senantiasa memeliharanya termasuk juga lingkungan.

"Sanitasi mulai dari air bersih, saluran pembuangan air limbah (SPAL), kamar mandi dan tempat pembuangan kotoran pun harus diperhatikan dengan seksama," ulasnya.

Dirinya menuturkan, beberapa desa untuk bedah rumah telah selesai dikerjakan, dimana, satu RTLH menerima anggaran sebesar Rp 20 juta.

"Tinggal pemilik rumah membangun diatas lahan ukurannya, sehingga mencukupi dana yang ditransfer ke rekeningnya," pungkas Limra Naufan. (BERNAT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: