Gunung Agung Rampungkan Musdes Anggaran 2023

Gunung Agung Rampungkan Musdes Anggaran 2023

LAHAT, LAHATPOS.DISWAY.ID - Rencana pembangunan Desa Gunung Agung untuk anggaran tahun 2023, masih diprioritaskan untuk merehab jembatan gantung. Kemudian, pembangunan siring induk, jalan setapak, sumur bor, dan lampu emergency.

Kades Gunung Agung, Darussalam mengatakan, semua itu, merupakan hasil kesepakatan bersama, antara pemerintah desa, BPD, dan masyarakat yang hadir dalam musdes di Gedung Serbaguna, Jumat (17/06/2022).

Darussalam berharap, pembangunan di Gunung Agung mendapatkan dukungan dari masyarakat, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

“Dalam pembangunan desa ini, kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat, karena, jika tanpa ada dukungan dari masyarakat, tentunya pembangunan tidak akan berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara, Camat Merapi Barat Sumarno SE MSi menyampaikan, pembangunan yang akan datang ditahun 2023, bisa menitikberatkan pada pembangunan fisik dan non fisik. Karena, kemungkinan Covid-19 sudah berkurang, namun dari berbagai usulan nantinya ada skala prioritas dalam pembangunan.

“Pembangunan yang akan datang diharapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar camat.

Selain itu, jangan hanya pembangunan fisik saja, namun pembangunan SDM dan pangan diperhatikan. “Tanpa SDM yang baik, tentunya pembangunan di desa juga tidak akan berjalan baik,” ucapnya.

Camat juga mengharapkan desa, agar menjadi Desa Layak Anak. Desa tersebut harus ada jamban keluarga, satu rumah satu WC, sehingga tidak ada lagi bunga air besar ke sungai. Tersedia posyandu dan kegiatan pengajian bagi anak-anak.

Kasi Ekobang, Anton Akbar mengatakan, musdes ini salah satu wadah untuk menjaring aspirasi dari warga desa, jika ada yang akan diusulkan untuk pembangunan desa. Perlu juga pahami, karena terbatasnya anggaran, jadi semua usulan mungkin tidak bisa dipenuhi.

“Kita pilih skala prioritas, mana yang lebih urgen untuk dilaksanakan,” tegasnya.

Musdes juga dihadiri perangkat kecamatan, perangkat desa Gunung Agung, BPD, babinsa, tokoh masyarakat, dan undangan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: