Waduh, Ratusan Hektar Sawah Di Kabupaten Lahat Ini Mengalami Kekeringan Petani Rugi Ratusan Ton

Selasa 17-09-2024,15:20 WIB
Reporter : Purwanto
Editor : Purwanto

Lahatpos.co, Mulak Ulu -  Ratusan hektar lahan persawahan di Kabupaten Lahat mengalami kekeringan.

Sempat menjadi salah satu pemasok beras di Kabupaten Lahat, kini kondisi lahan persawahan tepatnya di desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu kini mengalami kekeringan.

Sekitar 150 hektar hamparan sawah di Kecamatan Mulak Ulu tepatnya di Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu mengalami kekeringan selama lebih dari 2 tahun ini sehingga kondisi sawah hanya di tumbuhi rerumputan.

Fakta ini membuat masyarakat Kecamatan Mulak Ulu mengalami kerugian yang tidak sedikit. Masyarakat Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat ini mengalami kerugian sekitar 150 ton beras dalam satu kali panen.

"Dalam satu kali panen hasil dari sawah di desa Geramat ini bisa menghasilkan sekitar 150 ton, dan dalam setahun di desa Geramat ini bisa panen sebanyak 2 kali jadi dalam setahun perkiraan kerugian mencapai 300 ton " kata Harudin salah satu petani warga desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu beberapa waktu lalu.

Harudin menyebut bahwa penyebab kekeringan ini adalah karena rusaknya bendungan di hulu desa Geramat yang disebabkan banjir beberapa waktu lalu sehingga jalur irigasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyebabkan ratusan hektar sawah kekeringan.

"Sekitar 2 tahun lebih kekeringan yang dialami warga desa Geramat ini. Dari mulai kejadian banjir bandang beberapa waktu lalu hingga kini belum ada perbaikan. Kabar nya pemerintah desa juga sudah mengetahui dan kemungkinan sudah dilaporkan, namun itu masih kemungkinan .Kita  berharap semoga pihak terkait bisaa memberikan solusi terhadap persoalan ini" harapnya (*)

Kategori :

Terpopuler