Komunitas Sastra Berpeluang Dapat Bantuan Uang Rp150 Juta dari Pusat, Lihat Disini

Jumat 26-05-2023,19:54 WIB
Reporter : Dian
Editor : Dian

Lahat, Lahatpos.co - Ada kabar baik bagik komunitas sastra. Pemerintah pusat akan mengucurkan bantuan uang untuk pengembangan komunitas sastra. Tidak tanggung tanggung, dananya lumayan besar.

Bantuan paling banyak diberikan sebesar Rp150 juta, dan paling sedikit Rp25 juta. Pemerintah pusat menyalurkan bantuan itu melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dana Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun Anggaran 2023, akan disalurkan melalui transfer dalam bentuk uang dari bank penyalur ke rekening penerima bantuan dengan ketentuan.

Dalam rilis yang diterima media ini menyebutkan, bahwa bantuan ini berawal dari pemerintah pusat melihat pada zaman modern ini, komunitas sastra di Indonesia perlu mendapatkan perhatian serius.

Pemerintah pusat melihat banyak komunitas sastra yang keberadaannya tidak menentu, timbul-tenggelam. 

Terutama bagi komunitas sastra yang masih berkembang dan belum mapan. 

Meskipun demikian, di tengah keterbatasan pendanaan, ternyata masih ada komunitas yang eksis dalam melaksanakan kegiatan kesastraan di tengah masyarakat. 

Keberadaan komunitas sastra ini perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah agar dapat mengoptimalkan perannya sebagai tempat dan media kreatif bagi sastrawan dan pegiat sastra dalam memproduksi karya sastra atau menyelenggarakan kegiatan kesastraan.  

Di samping itu juga, perlu adanya penghargaan bagi para pelaku/pegiat sastra yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menggerakkan, membangun, dan mencipta karya sastra. 

Pemerintah perlu membantu para pelaku/pegiat sastra sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan kesastraan yang telah dilakukannya.

Tentu saja, apreasiasi ini juga menjadi pemantik pemerintah daerah, lembaga, atau masyarakat setempat untuk dapat lebih menghargai pelaku/pegiat sastra yang ada di tengah masyarakat. 

Sehubungan dengan hal itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada tahun 2023 menginisiasi rintisan penyaluran Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra. 

Pemberian Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pihak pemroduksi karya (produsen karya sastra).

Bantuan juga dapat menjadi penggerak dan sekaligus penguat dalam membangun karakter bangsa, serta dapat mengembangkan dan meluaskan produk karyanya. 

Oleh karena itu, tujuan pemberian bantuan untuk fasilitasi dalam rangka mendorong berkembangnya komunitas sastra, meningkatkan peran komunitas sastra sebagai sarana pembelajaran sastra. 

Kategori :