puasa mui lahat

Kecamatan Lahat Selatan Gelar Pelatihan Rumah Desa Sehat

Kecamatan Lahat Selatan Gelar Pelatihan Rumah Desa Sehat

Camat Lahat Selatan diwakili Sekcam Jemmy Saputra SSTP MSi membuka Pelatihan Rumah Desa Sehat (RDS) di Aula Desa Tanjung Payang.-Foto : dok/lahatpos.co-

LAHAT SELATAN, LAHATPOS.CO – Kantor Kecamatan Lahat Selatan menggelar Pelatihan Rumah Desa Sehat (RDS). Dalam rangka Konvergensi Pencegahan Stunting. Ada empat desa di dalam Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat mengikuti pelatihan RDS. Yakni Desa Tanjung Payang, Desa Banjarnegara, Desa Tanjung Tebat/Karang Dalam, dan Desa Nantal.

Kegiatan pelatihan RSD ini bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung Payang, Senin 12 September 2022.

Hadir diantaranya, perwakilan dari DPMDes Lahat Meri, Camat Lahat Selatan Isna Abi Darda BA, diwakili Sekcam Jemmy Saputra SSTP MM, Tim Ahli Kabupaten Lahat, Handoko dan Bayu, beserta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. 

Kades Tanjung Payang Sapri, Kades Banjarnegara Sulpiansyah, Kades Karang Dalam/Tanjung Tebat Zalfi Eka Ariani, Kades Nantal Novi Sayati, Bhabinkamtibnas Aipda Dedi Lendra, Babinsa Sertu Sawal, Ketua TP PKK Desa Tanjung Payang Yovi Oktaviani SP, Bidan Desa, Kader Posyandu, BPD, Perangkat Desa, dan Karang Taruna Tanjung Payang.

BACA JUGA:Herman Deru Gandeng LPM Perangi Kemiskinan Mulai dari Tingkat Pedesaan

Dalam sambutannya, Kades Tanjung Payang Sapri mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan Lahat Selatan, telah melaksanakan acara ini di Desa Tanjung Payang. Ia berharap, kegiatan ini, akan menambah ilmu pengetahuan peserta pelatihan, sehingga bisa diterapkan di tempat masing masing.

“Kami dari Desa Tanjung Payang menyambut baik kegiatan ini. Kami akan dukung, dan siap menyukseskan program Rumah Desa Sehat (RDS),” ujarnya.

Sementara itu, Camat Lahat Selatan Isna Abi Darda BA yang diwakili oleh Sekcam Jemmy Saputra SSTP MSi menyampaikan, salam dari Camat Lahat Selatan tidak bisa hadir, karena sedang bertugas di luar. Jemmy menyampaikan pesan Camat, agar peserta tetap semangat dan berharap ilmu ilmu yang diperoleh selama pelatihan RDS dapat ditetapkan di desa masing masing.

Jemmy menjelaskan, bahwa Rumah Desa Sehat, merupakan program nasional, yang sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pelatihan RDS dilaksanaan serentak di 22 kecamatan. Termasuk di Kecamatan Lahat Selatan.

BACA JUGA:Uang Nasabah Rp 6,2 Miliar Digelapkan Teller Bank

Jemmy menjelaskan, maksud RDS, bukan rumahnya yang sehat. Tapi ini sebuah wadah, yang di dalamnya akan banyak program kegiatan. Khususnya program yang berkaitan dengan masalah kesehatan bayi, anak, dan lansia. Salah satunya, pencegahan stunting di desa.

Pelatihan RDS sangat penting, agar pengurus RDS dapat menambah wawasan. Keberadaan RDS diharapkan mendapatkan dukungan dari semua pihak. Dari Pemerintah Desa, BPD, dan masyarakat.

Oleh karena itu, Jemmy mengingatkan, kepada Kepala Desa, untuk membuatkan SK (Surat Keputusan) Pengurus RDS disetiap desa dalam Kecamatan Lahat Selatan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: