BRI dan Mitra Dorong UMKM Naik Kelas Lewat SMEstaTalk, Akses Pasar Internasional
BRI dan Mitra Dorong UMKM Naik Kelas Lewat SMEstaTalk, Akses Pasar Internasional.-foto: lahatpos.co-
Lahatpos.co -Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menunjukkan dukungannya yang kuat terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui penyelenggaraan webinar bertajuk SMEstaTalk.
Acara ini dilaksanakan pada akhir September 2024 dan bertujuan untuk membantu UMKM mengembangkan akses pasar internasional serta meningkatkan daya saing global.
SMEstaTalk adalah program pelatihan online yang dirancang khusus untuk nasabah BRI.
Program ini memberikan wawasan mendalam dan keterampilan yang dibutuhkan bagi para pelaku usaha untuk mempersiapkan diri memasuki pasar ekspor.
Tak hanya berfokus pada edukasi keuangan, webinar ini juga menghadirkan para pakar industri yang membahas berbagai topik strategis yang relevan dengan perkembangan bisnis.
Selama setengah tahun terakhir, SMEstaTalk telah sukses diselenggarakan tiga kali, dengan jumlah peserta hampir mencapai seribu orang. Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara BRI,
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), serta dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Amam Sukriyanto, Direktur Komersial, Kecil, dan Menengah BRI, menegaskan bahwa kolaborasi yang solid antara berbagai pihak sangat penting dalam membantu UMKM bertumbuh dan bersaing.
Menurutnya, UMKM tidak hanya membutuhkan akses ke pembiayaan, tetapi juga pengetahuan tentang produksi yang efisien, inovasi yang terus berkelanjutan, serta pengelolaan keuangan yang baik.
BRI berkomitmen untuk terus menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi para pelaku UMKM di Indonesia melalui program-program seperti SMEstaTalk, yang dirancang untuk membantu mereka tak hanya bertahan, tapi juga berkembang pesat di pasar global.
Muhammad Asnawi Sabli, Direktur Promosi Produk Unggulan Desa dari Kementerian Desa, menyoroti pentingnya sinergi dalam membangun daya saing produk lokal.
Pandangan dari Andanu Prasetyo, CEO Maka Group dan pendiri Toko Kopi Tuku, juga menarik perhatian.
Ia mengungkapkan bahwa menjaga keunikan produk sembari berinovasi adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.
Sementara itu, Nenden Rospiani, CEO Restu Mande, membagikan kisah suksesnya menembus pasar internasional dengan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: