Tingkatkan Kapabilitas SDM, Delegasi Bukit Asam (PTBA) Belajar Soal Inovasi Energi Terbarukan

Tingkatkan Kapabilitas SDM, Delegasi Bukit Asam (PTBA) Belajar Soal Inovasi Energi Terbarukan

Tingkatkan Kapabilitas SDM, Delegasi Bukit Asam (PTBA) Belajar Soal Inovasi Energi Terbarukan.-foto: lahatpos.co-

Lahatpos.co - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar program BLADE Pioneer Leader untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Program ini diikuti oleh 26 karyawan PTBA yang telah melalui proses seleksi.

Salah satu kegiatan dalam program BLADE Pioneer Leader adalah pembelajaran (Immersion). Pada 23-26 September 2024, para peserta BLADE Pioneer Leader melakukan kunjungan ke Kuala Lumpur, Malaysia. 

Tujuannya untuk melihat langsung penerapan inovasi di bidang energi terbarukan, mempelajari tren industri energi di negara lain, dan memperluas wawasan di bidang pengembangan energi terbarukan.

Kunjungan dilakukan ke beberapa badan usaha dan lembaga, di antaranya Tenaga Nasional Berhad (TNB) dan Malaysian Industry-Government Group for High Technology (MIGHT). 

TNB merupakan perusahaan pemasok listrik terbesar di Malaysia. Sedangkan MIGHT adalah lembaga di bawah Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia yang fokus pada pengembangan teknologi.

"Kami menyambut baik pengembangan program BLADE dari PT Bukit Asam sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia. TNB terbuka untuk menjalin kerja sama yang lebih erat guna mempercepat pencapaian target Net Zero Emission melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman," kata Samsul Ariffin Zainuddin, Group Head Corporate Communications Tenaga Nasional Berhad.

Mahalil Amin Abdul Malek, VP Sustainable Development Technologies Division MIGHT, juga menyambut positif kunjungan delegasi PTBA untuk berbagi pengetahuan. 

"Kami juga berharap kegiatan ini menjadi awal untuk networking dan kolaborasi di bidang energi terbarukan dan teknologi antara Indonesia dan Malaysia," ujarnya.

Sementara, Latif Alfiyan Zuhri, salah satu peserta program BLADE Pioneer Leader, merasa beruntung mendapat kesempatan untuk mempelajari berbagai hal di bidang energi terbarukan.

"Saya senang bisa mengeksplorasi berbagai topik, terutama di bidang transisi energi, kebijakan energi dan ekonomi, juga pengetahuan baru pengembangan energi surya dan hidrogen. Saya percaya pengalaman ini sangat bermanfaat bagi PT Bukit Asam dalam mendukung inisiatif energi berkelanjutan dan pengembangan proyek strategis lainnya," ucapnya.

Senada, Nashirul Haq, peserta BLADE lainnya, berharap agar wawasan baru yang diperoleh dalam kesempatan ini bisa diaplikasikan di PTBA. 

"Saya berharap dari kunjungan ini kita bisa mendapatkan wawasan baru, dan teknologi yang mungkin bisa diaplikasikan dan diregulasikan di PT Bukit Asam," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: