Melihat Jumlah TKI Asal Kabupaten Lahat Yang Dideportasi Dari Singapura, Ternyata Gara Gara ini

Melihat Jumlah TKI Asal Kabupaten Lahat Yang Dideportasi Dari Singapura, Ternyata Gara Gara ini

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat Mustofa Nelson, S.Sos -foto Novri yanto-lahatposco

Lahatpos.co – sebagaimana diketahui Tenaga kerja Indonesia (TKI) merupakan program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan dan praktik demi peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya, yaitu dengan memanfaatkan kesempatan kerja internasional yang tersedia.

TKI sendiri adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri (seperti Malaysia, Arab Saudi, Hong Kong, dan sebagainya) dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu. Semantara TKI wanita disebut dengan tenaga kerja wanita (TKW).

Dalam hal ini, sebagian Masyarakat Kabupaten Lahat ada yang memilih kerja tersebut demi memenuhi kebutuhan mereka.

Namun yang kerap menjadi kendala adalah kurangnya pemahaman yang diterima masyarakat mengenai aturan dan syarat mutlak dalam menjadi TKI Ataupun TKW.

Seperti yang terjadi pada sebagian pekerja migran Asal Kabupaten Lahat, setidaknya 36 orang Dideportasi oleh Pemerintah singapura lantaran kurangya berkas dan dokumen pendukung lainya.

Dalam sesi wawancara, Selasa 26 Juni 2024, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat Mustofa Nelson, S.Sos mengatakan, Terhitung tahun 2020 sampai dengan tahun 2023, kurang Lebih 36 orang TKI Asal Kabupaten Lahat Dideportasi oleh Pemerintah Singapura Lantaran berkas yang kurang dan Penyaluran illegal.

“ Rata-rata pekerja migran yang dideportasi ini karena tidak memiliki dokumen resmi, termasuk Kartu Tanda Penduduk Yang kadang tidak sesuai wilayah dan diberangkatkan secara illegal,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bagi masyarakat yang mungkin berkeinginan bekerja di luar negeri jangan tergiur iming iming dan wajib melalui proses dan ketentuan yang telah di tetapkan Pemerintah,

“ jangan tergiur iming iming gaji besar, proses cepat dan lain sebagainya, bagi masyarkat yang memang berkinginan bekerja diluar negeri harus memiliki pemahaman terlebih dahulu, agar tidak menjadi masalah dan kendala ketika tiba di negara yang diinginkan,”tandasnya.

Selain itu dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat untuk tetap taat aturan yang telah ditetapkan Pemerintah, karna syarat mutlak tersebut wajib dipenuhi.

“ syarat mutlak untuk menjadi pekerja migran salah satunya adalah adanya rekomendasi dari Dinaskterans wilayah setempat, selain itu masyarakat bisa menanyakan apakah Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) Yang digunakan termasuk resmi apa illegal kepada petugas kami,selain itu bagi masyarakat yang berkeinginan kerja di Luar Negeri Bisa Berkonsultasi dengan Dinasketrans Lahat ” tandasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co