Green Mining, Bukit Asam (PTBA) Tanam Pohon Bersama di Lahan Bekas Tambang

Green Mining, Bukit Asam (PTBA) Tanam Pohon Bersama di Lahan Bekas Tambang

Green Mining, Bukit Asam (PTBA) Tanam Pohon Bersama di Lahan Bekas Tambang.-Foto: lahatpos.co-

Lahatpos.co - Green mining, Bukit Asam (PTBA) tanam pohon bersama di lahan bekas tambang. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar Green Mining, yakni penanaman pohon bersama, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Acara ini dilaksanakan di Botanical Garden, Muara Enim, Jumat (14/6/2024).

Botanical Garden atau Taman Koleksi merupakan lahan pasca tambang yang dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata di Tanjung Enim.

Penanaman pohon dilakukan oleh Direktur Operasi & Produksi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suhedi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim Meidina, Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopimcam) Lawang Kidul, para karyawan PTBA, serta para mitra kerja.

Total pohon yang ditanam sebanyak 150 batang, terdiri dari 40 bibit gaharu, 40 damar mata kucing, 40 meranti, dan 30 pinus. Selain penanaman pohon, pada acara Green Mining juga dilakukan pelepasan burung-burung.

Green Mining bertujuan untuk memulihkan lingkungan, meningkatkan penyimpanan karbon, serta mengurangi dampak perubahan iklim.

Pada kesempatan ini, Suhedi menyampaikan bahwa Green Mining merupakan wujud komitmen perusahaan dalam penerapan praktik pertambangan terbaik (Good Mining Practice) dengan program-program dekarbonisasi. 

"Green Mining merupakan contoh semangat dan komitmen kita bersama dalam mencapai visi perusahaan yaitu menjadikan perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan," kata Suhedi.

Dia menambahkan, sinergi semua pihak dibutuhkan untuk mencapai target Net Zero Emission (emisi karbon netral) yang ditetapkan Pemerintah pada 2060 atau sebelumnya. 

"Mari kita terus memperkuat kemitraan dan kerja sama lintas sektor untuk mengembangkan solusi inovatif dalam upaya pemulihan lingkungan," ujarnya. 

Hingga Maret 2024, tercatat total areal reklamasi PTBA sudah mencapai 2.222,08 hektare. Sedangkan total area rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) per Maret 2024 seluas 5.199,18 hektare. 

Program revegetasi ini merupakan bagian dari roadmap manajemen karbon PTBA hingga 2060 yang akan terus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkelanjutan di setiap lini perusahaan untuk memberikan hasil yang optimal.*

Berita Baca Juga:

Bukit Asam (PTBA) salurkan 196 Sapi dan 65 Kambing Kurban, Idul Adha 1445 H.

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar dan memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan 196 ekor sapi dan 65 ekor kambung kurban. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: