Tertarik Dengan Pesawat Terbang ? Berikut Sekolah Pilot Terbaik di Dunia, Salah Satunya Sangat Terkenal

Tertarik Dengan Pesawat Terbang ? Berikut Sekolah Pilot Terbaik di Dunia, Salah Satunya Sangat Terkenal

Sekolah Pilot Terbaik di dunia -sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – salah satu karier yang sangat menarik adalah menjadi pilot, hal ini dikarenakan pilot merupakan salah satu profesi yang sangat digemari hampir sebagian orang di bumi ini.

Belum lagi jika bicara soal penghasilan, bisa dikatakan salah satu pekerjaan paling sempurna di mata semua orang adalah menjadi pilot.

Meski faktanya tak semudah itu untuk menjadi pilot kepercayaan maskapai penerbangan, namun jika tertarik untuk menjadi pilot, berikut ini kami berikan  rekomendasi Sekolah Pilot Terbaik di Dunia yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Purdue Aviation College

Sekolah pilot terbaik di dunia yang pertama adalah Purdue Aviation College. Melansir dari situs UniScholars, kampus yang terletak di West Lafayette Indiana, Amerika Serikat ini adalah perguruan tinggi teknik dirgantara terbaik di dunia. Ini merupakan kampus Neil Armstrong, orang pertama yang mendarat di bulan.

Menurut US News & World Report, sekolah penerbangan ini diakui sebagai “Tempat Lahirnya Astronot.” 

Adapun sejumlah program yang ditawarkan lembaga pendidikan tinggi ini adalah teknologi teknik penerbangan, pengatur lalu lintas udara, manajemen penerbangan, hingga teknologi penerbangan profesional. Adapun biaya pendidikannya mulai dari US$ 28 ribu untuk non penduduk lokal.

2. University of North Dakota

Sekolah Studi Dirgantara milik John Odegaard ini telah lama dikenal sebagai tempat lahirnya para profesional dirgantara papan atas. 

Perguruan tinggi penerbangan ini menyediakan gelar sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Selain itu, siswa yang terdaftar di salah satu program kampus ini juga memiliki pilihan untuk menambahkan sertifikasi minor atau khusus di bidang penerbangan.

Program studi yang ditawarkan di sekolah penerbangan ini adalah administrasi bandara, manajemen penerbangan, kontrol lalu lintas udara, manajemen teknologi penerbangan, dan bidang lainnya. 

Tersedia juga gelar master sains penerbangan dan PhD ilmu kedirgantaraan, yang menjadikannya salah satu perguruan tinggi penerbangan terbaik di dunia. Adapun biaya pendidikan bagi pelamar dari luar Grand Forks, Amerika Serikat adalah US$ 20,047.

3. CAE Oxford Aviation Academy

Sekolah penerbangan Eropa ini berlokasi di Amsterdam, Brussels, Gondia, Hong Kong, Melbourne, Perth, Phoenix, dan Rae Bareli. Lembaga ini menyelenggarakan kursus pelatihan jalur pelatihan ATPL, CPL, dan MPL, dengan akses terhadap lebih dari 200 pesawat.

Program studi yang ditawarkan CAE Oxford Aviation Academy adalah Lisensi Pilot Transportasi Maskapai (ATPL), Lisensi Pilot Komersial (CPL), dan Lisensi Pilot Multi-Awak dari CAE hingga MPL. Biaya pendidikan untuk gelar sarjana di akademi ini mulai dari US$ 4,500 hingga US$ 5,500.

4. CTC Wings

Sekolah Pilot terbaik di dunia yang selanjutnya adalah CTC Wings. Kampus yang memiliki cabang di Australia, Selandia Baru, India, dan Singapura ini mewisuda 243 lulusan dari program penerbangan CTC pada 2013 lalu. Dari jumlah itu, sekitar 199 lulusannya dipekerjakan EasyJet, maskapai penerbangan terbesar di Inggris.

Program studi yang ditawarkan CTC Wings adalah Night Rating, CPL (Lisensi Pilot Komersial), Peringkat Instrumen, Peringkat Multi-Mesin, IFR/IR Multi-Mesin, Pelatihan Sim Multi Mesin, Pelatihan Jalur Co-Pilot, Peringkat Tipe, dan lain sebagainya. Biaya pendidikan yang harus disiapkan mulai dari US$ 2,600 hingga US$ 5,400.

5. Pan AM International Flying Academy (PAIFA)

PAIFA adalah salah satu sekolah penerbangan yang fokus mendidik tenaga maskapai penerbangan, pilot, dan profesional penerbangan lainnya dari seluruh dunia. 

Lembaga pendidikan kedirgantaraan ini dimiliki oleh perusahaan All Nippon Airlines dengan sejumlah program studi. Mulai dari kursus pelatihan pilot, pelatihan kontrol lalu lintas udara, pelatihan awak maskapai penerbangan, pelatihan perawatan pesawat, dan pelatihan operator pesawat.

Biaya pendidikannya bervariasi tergantung program pelatihan yang diambil. Namun, umumnya biaya yang dihabiskan untuk bersekolah di PAIFA adalah sekitar US$ 17 ribu hingga US$ 18 ribu.

6. Singapore Flying College

Didirikan pada 1988, sekolah penerbangan di Singapura ini terkenal karena memberikan pelatihan penerbangan dasar dan lanjutan kepada pilot yang bekerja untuk Singapore Airlines Group. 

Armada pelatihan perguruan tinggi terdiri dari 16 pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang dilengkapi dengan Garmin dan lima pesawat bermesin tunggal Cessna C172 yang berbasis di Seletar.

Program pendidikan utama di Singapore Flying College adalah untuk kadet pilot MPL dan CPL di Singapura. 

Oleh karena itu, ditawarkan Lisensi Pilot Multi-awak CAAS, Lisensi Pilot Komersial CAAS, Lisensi Pilot Komersial Australia + MEIR, Pelatihan UAPL, Pemeringkatan Instrumen Multi-Mesin, dan Teori ATPL.

7. Embry Riddle Aeronautical University

Berikutnya, salah satu sekolah pilot terbaik di dunia adalah Embry Riddle Aeronautical University. 

Perguruan tinggi yang terletak di Pantai Daytona, Florida, Amerika Serikat ini dikenal dengan sebutan Harvard of the Skies. Sebagai institusi pendidikan kedirgantaraan tertua dan terbesar di dunia, tingkat penerimaan Embry Riddle Aeronautical University hanya 68 persen.

Di antara program studi yang ditawarkan adalah ilmu penerbangan, teknik penerbangan dan kedirgantaraan, keamanan & intelijen global, kontrol lalu lintas udara, dan administrasi bisnis.

Semoga bermanfaat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co