Selain Murah dan Berkualitas, 5 Makanan Berikut Bisa Menghindarkan Kamu dari Penyakit Pikun

Selain Murah dan Berkualitas, 5 Makanan Berikut Bisa Menghindarkan Kamu dari Penyakit Pikun

Pikun -sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Makanan Yang baik untuk otak dan bisa mencegah kepikunan

Salah satu penyakit yang wajib untuk dihindari adalah penyakit pikun, karna jenis penyakit ini tidak hanya menyerang usia yang sudah rentan, bahkan fakta mengatakan usia muda pun kerap kali terserang penyakit muda lupa satu ini.

Melalui artikel ini kita akan berbagai tips dan trik mencegah kepikunan dengan mengkonsumsi 7 makanan sehat dan berkualitas berikut ini.

Alpukat

Melansir dari DR. AXE, meskipun alpukat sering mendapat reputasi buruk karena kandungan lemaknya yang tinggi, penting untuk dicatat bahwa alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal atau jenis lemak “baik”, yang telah terbukti menurunkan tingkat penurunan kognitif dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. .

Mengandung vitamin K dan folat, alpukat membantu mencegah penggumpalan darah di otak (melindungi dari stroke), serta membantu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan memori dan konsentrasi.

Mereka juga kaya akan vitamin B dan vitamin C, yang tidak disimpan dalam tubuh Anda dan perlu diisi ulang setiap hari.

Ditambah lagi, buah ini memiliki protein tertinggi dan kandungan gula terendah dibandingkan buah lainnya. Tidak terlalu buruk!

2. Brokoli + Sayuran Cruciferous Lainnya

Selain sayuran serupa seperti kembang kol, kangkung, dan kubis Brussel, brokoli adalah salah satu makanan menyehatkan otak terbaik karena kandungan vitamin K dan kolinnya yang tinggi, yang dapat membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam.

Ini juga kaya akan vitamin C – faktanya, satu cangkir saja sudah memberi Anda 150 persen asupan harian yang direkomendasikan.

Selain itu mengandung sejumlah fitonutrien yang melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

Brokoli juga tinggi serat sehingga Anda akan cepat merasa kenyang.

3. Seledri

Untuk sayuran dengan sedikit kalori (hanya 16 per cangkir!), seledri memang menawarkan banyak manfaat.

Antioksidan dan polisakarida tingkat tinggi bertindak sebagai antiperadangan alami dan dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan peradangan, seperti nyeri sendi dan sindrom iritasi usus besar.

Karena padat nutrisi – mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi dengan sedikit kalori – ini adalah pilihan camilan yang bagus jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Meskipun Anda sering memakan batang seledri, namun jangan lewatkan biji dan daunnya. Keduanya memberikan manfaat ekstra dan rasanya enak seperti tumisan dan sup

4. Kuning telur

Dalam daftar nutrisi nakal selama bertahun-tahun, kuning telur akhirnya mengalami hari yang layak di bawah sinar matahari.

Jika selama ini Anda hanya makan putih telur, kuning telurnya ada pada Anda.

Kuning telur mengandung kolin dalam jumlah besar, yang membantu perkembangan otak janin bagi ibu hamil.

Ini juga memecah betana, bahan kimia yang menghasilkan hormon yang berhubungan dengan perasaan sejahtera.

Jika Anda menghindari konsumsi telur utuh karena masalah kolesterol, ada kabar baik.

Studi menunjukkan bahwa makan telur biasanya tidak berpengaruh pada kadar kolesterol orang dewasa yang sehat dan malah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Kunyit

Bukankah luar biasa bila bumbu sederhana memiliki manfaat yang luar biasa?

Hal serupa terjadi pada kunyit, akar kuno yang telah digunakan untuk khasiat penyembuhan sepanjang sejarah.

Berkat kurkumin, senyawa kimia yang ditemukan dalam kunyit, rempah ini sebenarnya merupakan salah satu agen anti-inflamasi yang paling kuat (dan alami).

Kunyit juga membantu meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, sekaligus meningkatkan asupan oksigen otak, membuat Anda tetap waspada dan mampu memproses informasi.

Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co