Dialog Santai Warnai Peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Lahat, ini Yang Dibahas

Dialog Santai Warnai Peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Lahat, ini Yang Dibahas

Audensi Forum Serikat Buruh Dengan Pemerintah Kabupaten Lahat-Foto Novri Yanto-lahatpos.co

Lahatpos.co - Bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2024 atau yang dikenal dengan istilah May Day, Perwakilan Forum Serikat Buruh yang berasal dari beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Lahat Sumatera Selatan hadir di Pemkab Lahat, Rabu 1 Mei 204.

Data yang dihimpun di lapangan, sekira pukul 10.00 WIB perwakilan Forum Serikat Buruh menuju Opsroom Pemkab Lahat Guna melakukan Audensi yang dalam hal ini diterima langsung oleh Asisten I Drs Rudi Thamrin.

Sebagai informasi Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei. Peringatan Hari Buruh ini merupakan momentum untuk mengingatkan kita tentang sejarah panjang kaum buruh dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Pantauan Lahat Pos, nampak hadir juga dalam audensi ini Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat Mustofa Nelson, S.Sos., M.Si.

Dalam penyampaiannya, Ketua Federasi Serikat Buruh Niaga, Informatika, Keuangan dan Perbangkan (FSB-NIKEUBA) Kabupaten Lahat, Seni Karlina mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang mana dalam hal ini telah menerima Audensi Forum Serikat Buruh di tempat yang sangat Nyaman, 

" Alhamdulillah, yang biasanya kita di tempat kerja panas panasan, hari ini kita di ruangan Ber-AC dan diterima dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Lahat, " Ujarnya. 

Selain itu seni juga mengatakan mengenai wacana pembentukan Dewan Pengupahan Yang sudah direncanakan pada saat jaman bupati terdahulu, selanjutnya Seni Juga Menekankan mengenai peraturan yang kadang memberatkan para Buruh dalam dunia kerja agar bisa direvisi dengan bantuan pemerintah kabupaten Lahat, 

" Kami hadir disini dengan secercah harapan kepada Pemerintah Kabupaten Lahat terkait wacana pembentukan dewan Pengupahan yang sampai hari ini belum ada kejelasannya, selanjutnya kami juga mohon agar kiranya Pemerintah Kabupaten Lahat bisa mendorong aturan aturan perusahaan yang merugikan kaum Buruh, selain itu kami berharap kedepannya Kepada Pihak Dinasketrans Lahat untuk turun langsung ke lapangan guna melihat, serta mendengarkan langsung keluhan para Buruh yang ada di Lapangan dengan melibatkan kami sebagai Forum Serikat Buruh di Kabupaten Lahat, " Tukasnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi melalui Asisten I Rudi Thamrin mengatakan, Pekerja/Serikat Buruh, pengusaha, maupun pemerintah dapat bersama-sama merayakan Peringatan Hari Buruh Internatasional (May Day) tahun 2024 ini dengan tertib, aman, dan harmonis dengan suasana kekeluargaan. 

Selain itu, Lanjut Rudi, terciptanya kondisi hubungan industrial dinamis, kondusif dan harmonis diyakini akan berdampak positif dalam peningkatan lapangan pekerjaan di Kabupaten Lahat khususnya.

“May Day merupakan momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah untuk berdialog dan mencari jalan terbaik menuju hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerja/buruh,” tutupnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co