Wajib Tauh, Sebelum Mudik Lebaran 7 Bagian Pada Mobil ini Wajib di Servis, Biar Tenang Dalam Perjalanan

Wajib Tauh, Sebelum Mudik Lebaran 7 Bagian Pada Mobil ini Wajib di Servis, Biar Tenang Dalam Perjalanan

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

 

Lahatpos.co – bagi umat muslim momen lebaran merupakan momen spesial yang wajib untuk dimanfaatkan bersilahturahmi Bersama kelaurga, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersilahturahmi, salah satu tradisi yang paling khas di Indonesia adalah budaya mudik atau pulang kampung halaman ketika lebaran tiba.

 

Namun sebelum kamu memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi,Wajib Tauh, Sebelum Mudik Lebaran 7 Bagian Pada Mobil ini Wajib di Servis, Biar Tenang Dalam Perjalanan.

 

ada apa saja ? simak selengkapnya disini.

 

1. Ganti Oli Mobil

 


Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan sebelum pergi mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin. 

 


2. Cek Kondisi Ban 

 


Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, Spooring dan Balancing sangat penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang. Terlebih, komponen penting ini memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

 


3. Periksa Komponen Rem

 


Periksa komponen rem dan pastikan dalam keadaan baik, mulai dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem. 

 

4. Ganti Air Radiator

 


Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Oleh karena itu, mobil berkompresi tinggi dihimbau untuk menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

 


5. Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil

 


Aki mobil adalah sumber daya utama kelistrikan pada mobil. Aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, Audio, dan mesin berjalan dengan optimal. Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah di check dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

 


6. Lampu dan Wiper

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co