Warga Kota Pagar Alam Memasak Pakai Kayu Bakar, Gas LPG 3 Kg Langka

Warga Kota Pagar Alam Memasak Pakai Kayu Bakar, Gas LPG 3 Kg Langka

Warga Kota Pagar Alam terpaksa menggunakan kayu bakar untuk memasak lantaran kelangkaan gas elpiji 3 kg yang terjadi beberapa pekan terakhir.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Warga Kota Pagar Alam memasak pakai kayu bakar, gas LPG 3 Kg langka. Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram di Kota Pagar Alam terjadi dalam dua pekan terakhir.

Seperti yang dilakukan Arlendo (40), warga Kapling PGRI Kota Pagar Alam. Dia terpaksa membuat tungku perapian kayu bakar di samping rumahnya. 

"Sudah sejak seminggu lebih kami masak pakai kayu bakar, terpaksa mau tak mau yang penting kegiatan memasak untuk kebutuhan keluarga tetap bisa terlaksana," ujarnya, Minggu, 31 Maret 2024.

Arlendo mengatakan, dirinya memanfaatkan kayu dari kebun sekitar rumahnya atau kayu sisa material bangunan. 

Konsekuensi yang harus diterima Arlendo dari aktivitasnya itu yakni menimbulkan asap yang banyak dan peralatan masak yang menghitam. 

Tapi, konsekuensi itu mau tidak mau harus ditanggungnya lantaran gas subsidi yang saat ini sangat sulit didapatkan. 

"Saya sudah cari gas keliling dari warung ke warung dan jawaban mereka semua sama yakni stok tidak ada juga pernah coba ikut antri di pengecer tapi sialnya selalu tak kebagian," keluhnya.

Pantuan di lapangan, antrean panjang masyarakat yang ingin membeli gas elpiji 3 kilogram hampir setiap hari terjadi di seluruh agen dan pengecer gas subsidi di kota tersebut.

Bahkan, antrean tersebut bisa berlangsung sejak pagi hingga malam hari. 

Namun tetap saja tidak semua masyarakat yang antre kebagian sehingga tak jarang akhirnya menimbulkan kericuhan.

Sebelumya pihak agen gas LPG di Kota Pagar Alam menyatakan bahwa tidak ada pengurangan kuota gas subsidi dari Pertamina. 

Kelangkaan ini terjadi akibat tingginya tingkat pemakaian gas oleh masyarakat itu sendiri selama bulan puasa ini.

"Untuk kuota tidak ada masalah dan penyaluran ke pengecer juga lancar tapi kelangkaan ini sudah rutin terjadi setiap bulan puasa hingga jelang lebaran. Sebab tingkat pemakian gas oleh masyarakat sendiri memang tinggi selama masa periode ini," pungkas Herwan, salah satu pengecer gas subsidi. 

Menjawab beragam keluhan masyarakat Pagar Alam terkait sulitnya mendapatkan Liquid Petroleum Gas (LPG) tabung gas 3kg, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pagar Alam lakukan peninjauan ke sejumlah agen elpiji di Pagar Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: