Puasa Jangan Kendor, Berikut Rekomendasi kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan dibulan Ramadhan 1445 H

Puasa Jangan Kendor, Berikut Rekomendasi kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan dibulan Ramadhan 1445 H

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co - kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan dibulan Ramadhan 1445 H.

Bulan puasa Ramadhan 1445 H sudah tiba, umat muslim diseluruh dunia menyambutnya dengan bahagia, bulan penuh ampunan yang datang satu tahun sekali ini wajib kita manfaatkan untuk mencari pahala sebanyak banyaknya.

Untuk itu jangan sampai kamu kendor, tetap laksanakan aktifitas seperti biasa, dan bagi kamu yang mungkin bingung mau melakukan aktifitas apa saja, berikut kami sajikan rekomendasi kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan dibulan Ramadhan 1445 H.

Tadarus Al-Qur'an dan Terjemahannya
Ide kegiatan pertama yang jika dilakukan akan berlipat ganda pahalanya adalah tadarus Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an dapat menjadi penenang baik bagi pembaca maupun pendengarnya.

Kegiatan ini juga akan jauh lebih bermanfaat apabila dibaca dengan artinya.

2. Membangunkan Sahur
Tak hanya sahur yang mendatangkan keberkahan, tetapi juga membangunkan orang sahur. Kegiatan ini mnejadi budaya orang Indonesia yang kerap dilakukan para remaja di lingkungan masjid hingga rumah warga.

3. Sahur on The Road (SOTR)
Sahur on The Road merupakan kegiatan di bulan Ramadhan yang kerap dilakukan organisasi atau kumpulan anak muda. Biasanya mereka keliling sambil membawa bungkusan nasi untuk dimakan sahur.

Makanan tersebut nantinya akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di jalan.

4. Ngabuburit
Ngabuburit juga sudah sering dilakukan di bulan Ramadhan. Ngabuburit adalah melakukan kegiatan hingga waktunya berbuka puasa.

Biasanya ada yang mengisi waktu tersebut dengan nongkrong dengan teman, berbagi takjil, hingga memasak.

5. Berbagi Takjil
Kegiatan takjil ini hampir mirip dengan sahur on the road. Namun, kalau SOTR membagikan makan di waktu sahur, takjil berbagi makanan di waktu buka puasa.

6. Ikut Pesantren Kilat
Pesantren kilat kerap dilakukan di sejumlah sekolah. Jika di sekolah Anda tidak diadakan pesantren kilat, maka dapat mendaftarkan diri di sekolah Islam tertentu.

Dengan mengikuti kegiatan ini, maka Anda dapat mempererat atau pun menambah tali silaturahmi.

7. Ikut Pengajian
Pengajian tidak hanya dilaksanakan di pesantren kilat saja. Tetapi juga di masjid hingga organisasi tertentu.

Adapun kegiatannya, tidak lain adalah membaca Al-Qur'an serta mengkaji kandungan ayat dalam Al-Qur'an.

8. Mengikuti Kajian Islam
Mirip dengan pengajian, kajian Islam artinya berbagi ilmu terkait Islam. Kajian Islam ini bisa dilakukan dengan cara luring atau pun daring. Dengan mengikuti kegiatan ini, makan akan menambah ilmu keagamaan kita.

9. Buka puasa Bersama (Bukber)
Bukber sudah identik dengan Ramadhan. Pasalnya, kegiatan ini biasanya dilakukan di bulan Ramadhan.

Bukber artinya buka puasa bersama-sama. Orang-orang juga mengadakan bukber untuk silaturahmi dengan teman lama.

10. Safari Ramadhan
Safari Ramadhan mirip dengan bukber. Namun, safari Ramadhan diadakan oleh instansi, pemerintah, atau perusahaan tertentu.

Sejumlah organisasi mengadakan ini dan mengundang masyarakat, terutama yang beragama Islam. Tujuannya untuk mengenalkan diri sebagai instansi atau perusahaan, lalu mengajarkan tamu undangan tentang agama.

11. Memperbanyak Sholawat
Bersholawat di hari-hari biasa akan mendapatkan pahala. Apalagi jika itu dilakukan di bulan Ramadhan, maka akan berlipat ganda pahalanya.

12. Sedekah
Sedekah di bulan Ramadhan akan mendatangkan banyak kebaikan yang tentunya dibalas oleh Allah SWT. Bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan langsung kepada orang yang membutuhkan hingga ke panti asuhan.

13. Bersilaturahmi
Bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk bersilaturahmi dengan kerabat. Biasanya orang-orang di bulan Ramadhan mengunjungi rumah saudara, teman, kerabat, hingga rekan kerjanya.

14. Belajar Online
Waktu luang di bulan Ramadhan juga bisa diisi dengan belajar dari rumah secara online. Apalagi ada banyak pembelajaran daring media sosial seperti YouTube secara gratis dan berbayar. Anda bisa belajar sesuai dengan apa yang ingin didalami.

15. Olahraga Ringan
Olahraga di bulan Ramadhan juga bisa dilakukan, asal dengan kategori olahraga ringan. Olahraga saat puasa tentunya dapat membugarkan tubuh.

16. I'tikaf di Masjid
I'tikaf artinya tetap berdiam di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentunya dengan melakukan ibadah, seperti zikir, membaca Al-Qur'an dan kegiatan terpuji lainnya.

Dikutip dari situs Nahdlatul Ulama Jabar, Nabi SAW biasanya beri'tikaf sepuluh hari terakhir dari bulan

17. Mudik
Mudik atau pulang kampung menjadi kegiatan tahunan para perantau. Orang-orang memanfaatkan momen ini untuk pulang kampung bertemu dengan keluarga dan teman lama.

18. Bersih-bersih
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu, umat muslim sebaiknya menjaga kebersihan selama bulan Ramadhan.

19. Memasak
Memasak salah satu kegiatan yang bermanfaat. Apalagi memasak untuk orang yang hendak berbuka puasa atau makan sahur.

20. Takbiran
Setelah berpuasa selama sebulan, umat muslim kemudian bertakbir menjelang sholat Idul Fitri.

Bertakbir biasanya dilakukan pada h-1 atau malam sebelum sholat Ied. Jadi, waktu untuk bertakbir cukup pendek.

21. Lomba Cerdas Cermat Islami
Ide kegiatan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah lomba cerdas cermat islam. Lomba ini umumnya dilakukan untuk anak-anak dan siswa sekolah.

Selain mengisi waktu dengan berkumpul bersama, lomba cerdas cermat juga akan menambah wawasan dan pengetahuan seputar agama.


semoga bermanfaat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co